Lengkapi Nutrisi dengan Konsumsi Sayuran selama Ramadan, Dinas Pangan Sediakan Sayuran Hidroponik

Lengkapi Nutrisi dengan Konsumsi Sayuran selama Ramadan, Dinas Pangan Sediakan Sayuran Hidroponik

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar area perkantoran dengan menanam berbagai komoditas sayuran, Dinas Pangan Kota Solok melaksanakan panen sayuran hidroponik di pekarangan kantor, Kamis (14/4).

Pelaksanaan panen sayuran ini dilakukan oleh petugas rutin pemeliharaan tanaman sayuran tersebut dan didampingi oleh Kepala Dinas, Sekretaris dan Kepala Bidang Konsumsi, Penganekaragaman dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Kota Solok.

Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ir. Kusnadi, MM menyampaikan, selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, tentunya banyak hal yang perlu disiapkan, terutama untuk kesehatan sangat perlu meningkatkan konsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka. Memilih buah dan sayur yang tepat dapat mendukung aktivitas di bulan puasa.

Jenis tanaman sayuran hidroponik yang panen hari ini yaitu sayur kangkung dengan jumlah 5,5 Kg. Hasil panen dikemas dengan rapi menggunakan plastik sayuran dan memakai label produksi. Sayur hasil panen tersebut dipasarkan ke instansi lingkup Pemerintah Balaikota Solok dengan harga jual khusus untuk sayur kangkung seharga Rp. 3.000,-/bungkus, dengan berat sayur satu bungkusnya yaitu 250 Gram.

Pada pekarangan kantor Dinas Pangan Kota Solok menanam berbagai jenis tanaman sayuran diantaranya ada Pakcoy, Kangkung, Selada, Caesin, Daun Bawang, Cabe Rawit, Cabe Merah dan Tomat.

Pelaksanaan panen sayuran di bulan Ramadhan merupakan kebahagiaan tersendiri dari Dinas Pangan Kota Solok untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pegawai.

“Semoga hal ini dapat mendorong para pegawai di lingkup Balaikota Solok dan masyarakat sekitar untuk turut serta dalam menanam tanaman pangan di pekarangan rumah, sehingga tujuan program ini dapat tercapai dalam mengkonsumsi sayuran yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Karena pangan yang sehat merupakan modal utama untuk mendapatkan tubuh yang sehat,” kata Sekretaris Dinas Pangan, Ade Kurniati, S.Pt. (fas)

Tags: , ,