Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

29 November 2023

Lestarikan Budaya dan Tradisi, Wawako Ramadhani Hadiri Arisan Panggung Pidato Adat

Lestarikan Budaya dan Tradisi, Wawako Ramadhani Hadiri Arisan Panggung Pidato Adat

Solok, (InfoPublikSolok) – Panggung Pidato merupakan salah satu wadah untuk membentuk generasi yang mencintai adat dan tradisi serta menjadi tempat dimana seluruh murid diajarkan untuk menerapkan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana bertutur, bertitah, dan berbicara di sebuah forum adat tetapi tetap menggunakan aturan atau ketentuan adat yang berlaku.

Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra saat menghadiri Panggung Pidato Adat pertama tahun 2023 di Banda Panduang Kelurahan Tanah Garam, Jumat (10/2) menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah upaya dari tokoh-tokoh adat dalam melestarikan budaya dan seni khususnya di Kota Solok.

“Panggung Pidato Adat ini harus terus dilestarikan dan diwariskan pada anak cucu kita. Tidak semua orang bisa berbicara dan berpidato adat, tapi kita tidak boleh berhenti mengajarkan pada anak kemenakan kita agar tradisi lisan ini tidak hilang. Arisan Panggung Pidato ini menjadi upaya untuk terus menjalin silaturrahmi sehingga kita tidak mudah terpecah-belah dan termakan hasutan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Wawako.

Anggota DPRD Kota Solok, Yoserizal yang turut hadir pada kegiatan ini juga menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh dari DPRD Kota Solok dalam upaya pelestarian nilai adat dan budaya di Kota Solok.

“Tidak hanya panggung pidato, DPRD juga mendukung penuh kegiatan-kegiatan adat lain seperti sasaran silek dan kegiatan seni budaya lainnya,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua LKAAM Kota Solok, H. Rusli Khatib Sulaiman disamping memberikan tausiah juga menyampikan harapan pada Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pariwisata dapat terus menerus melakukan pembinaan pada generasi muda, agar budaya Kota Solok tetap lestari.

“Kolaborasi antara Pemerintah Kota Solok merupakan solusi dalam melestarikan budaya dan adat istiadat Kota Solok,” tutur H. Rusli.

Kabid Promosi Pariwisata dan Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Solok, Dona Gusmawita saat ditemui di tempat yang sama menyampaikan bahwa arisan panggung pidato ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh guru-guru panggung pidato dan difasilitasi oleh Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pariwisata.

Pada tahun 2023 ini, berbagai rangkaian event budaya yang digelar oleh Dinas Pariwisata akan memasukkan pidato pasambahan sebagai upaya melestarikan ciri khas dan nilai-nilai budaya dalam masyarakat Minangkabau yang ada di Kota Solok. (sn)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.