Lewati Babak Penyisihan, 9 Kafilah Kota Solok Melaju ke Babak Final MTQ Sumbar

Lewati Babak Penyisihan, 9 Kafilah Kota Solok Melaju ke Babak Final MTQ Sumbar

Solok, (InfoPublikSolok) – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sumbar ke-39 di Kota Padang Panjang memasuki hari ketiga, merupakan hari terakhir babak penyisihan, beberapa cabang lomba telah mengumumkan rekap nilai perlombaan babak penyisihan untuk selanjutnya berlomba pada babak final.

Gegap gempita sorak-sorai peserta lomba MTQ tingkat Sumatera Barat tahun 2021 sewaktu diumumkannya finalis dari berbagai cabang lomba pada Selasa (17/11/21) malam di Mimbar Utama GOR Bancah Laweh.

Dari hasil pengumuman panitia, Kafilah Kota Solok akan tampil pada sembilan cabang lomba final. Kesembilan cabang yang masuk final adalah Tilawah Dewasa (Nofriyon), Tilawah Kanak-Kanak (Muhammad Iqbal), Tilawah Canet (Wahyu Kenzo), Hifzhil 5 Jus (Afdal Fikri), Bintang Qasidah (Rusdianto), Murattal Qiraat (Sirajul Uhad), Khutbah Jumat (Raihan Qowina), Tafsir Bahasa Indonesia (Ariqul Jetson) dan Tafsir Bahasa Arab (Harun Alrasyid).

Persiapan kafilah kota Solok menyongsong babak final kembali dilaksanakan, walau waktu tampil terasa sempit, diantaranya Raihan peserta lomba Khutbah Jumat yang merasa bahagia dan tidak menyangka akan masuk final. Untuk tampil pada babak final, Raihan akan memakai konsep kedua yang telah dipersiapkannya.

Begitu juga dengan Muhammad Iqbal, qori Tilawah Kanak-Kanak Putra yang sangat bahagia saat mengetahui nomor lotnya diumumkan panitia di panggung utama.

“Insya Allah pada babak final nanti semua peserta dapat tampil maksimal dengan penuh kosentrasi untuk menempati posisi terbaik,” ujar Heppy Darmawan, Kabag Kesra Setda Kota Solok dari arena Mimbar Utama.

Babak final pada semua cabang akan berlangsung mulai Rabu (17/11/21) pagi di sejumlah masjid dan gedung arena MTQ. Khusus cabang Tilawah Dewasa akan berlomba pada malam hari mulai pukul 20.00 WIB hingga 23.00 WIB di Mimbar Utama GOR Bancah Laweh.

“Kepada masyarakat Kota Solok mohon doa agar qori dan qoriah yang bertanding pada babak final semuanya menjadi pemuncak,” ucap Kepala Kantor Kemenag Kota Solok H. Eri Iswandi yang turut menyaksikan penampilan qori dan qoriah pada cabang Tilawah Dewasa.

Cabang Tilawah, salah satu cabang favorit pada setiap gelaran MTQ, seluruh kafilah kabupaten/kota di Sumbar ikut berpartisipasi. Hanya Kabupaten Kepulauan Mentawai yang mengirimkan satu perwalikan putra saja.

Cabang Tilawah Dewasa dimulai dengan babak penyisahan selama tiga hari. Hari pertama menampilkan 11 peserta, hari kedua 12 peserta, hari ketiga sebanyak 14 peserta. Kafilah Kota Solok diwakili oleh Novriyon (Tilawah Dewasa Putra), dan Yuafriza Fadly (Tilawah Dewasa Putri). (shan)

Tags: , ,