Lindungi Tanah Wakaf, Kemenag Kota Solok Pasangkan Papanisasi

Lindungi Tanah Wakaf,  Kemenag Kota Solok  Pasangkan Papanisasi

Solok, (InfoPublikSolok) –  Papanisasi tanah wakaf ini merupakan salah satu upaya dan program dari Kementerian Agama dalam melindungi tanah wakaf dari upaya pengambilalihan maupun penyalahgunaan, pemasangan dilakukan di masjid Ikrar IX Korong, Jumat (22/11).

Plt Kepala Kantor Kemenag Kota Solok H. Alizar, dalam sambutannya saat pemasangan papanisasi tanah wakaf menjelaskan, ” Bahwa dengan adanya papan wakaf di lokasi diharapkan tidak ada lagi upaya perampasan tanah wakaf oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.Keberadaan papan ini dapat menjadi kontrol bagi masyarakat, bahwa tanah wakaf tersebut telah bersertifikat serta jelas asal-usul dan riwayat dari wakaf hingga terbitnya sertifikat,” Kata H. Alizar.

Diakhir sambutannya H. Alizar mengatakan bahwa untuk tahun 2019 ini kota Solok mendapat jatah 10 lokasi, sehingga ditahun berikutnya bertambah dan diharapkan seluruh tanah wakaf di kota Solok telah memiliki papan data wakaf ini.

Penyerahan dilakukan oleh Kakankemenag  yang didampingi Kasi Bimas Islam H. Afrizen,  yang dihadiri oleh Kabag Kesra  Kota Solok Happy Darmawan, H.Rusli Khatib Sulaiman selaku tokoh masyarakat dan alim ulama nagari Solok dan masyrakat

H.Rusli Khatib Sulaiman yang turut memberikan sambutan mengawalinya dengan sejarah masjid Ikrar yang berasal dari surau yang bernama surau Galanggang Tangah. Awalnya surau ini sebagai tempat belajar imu agama dan adat, namun seiring perkembangan jumlah penduduk dinaikanlah statusnya menjadi masjid.

“Pada umumnya masjid dan mushalla yang MGMP IPA MTs Kab. Solok Kunjungi Bunga Raflesia di Padang Panjang àda di nagari Solok tanahnya berasal dari wakaf, untuk mewakili masayarakat Solok kami ucapkan terima kasih pada Kementerian Agama, atas adanya program papanisasi tanah wakaf ini,” kata H. Rusli.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabag Kesra  Kota Solok, Happy Darmawan  menambahkan kedepannya Kementerian Agama dan Pemda selalu bersinergi dalam memajukan dan menjaga kehidupan beragama di Kota Solok.

Usai seremonial sederhana dilanjutkan dengan pemasangan papan wakaf yang ditandai dengan pengecoran perdana oleh Kakankemenag yang didampingi Kabag Kesra, H. Rusli dan Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Solok H. Afrizen.

Diakhir acara kepada media media, H. Afrizen mengatakan untuk tahun 2019 ini ada 10 tanah wakaf menerima papan data ini, dan kedepannya diupayakan untuk terus memambahnya sehingga seluruh tanah wakaf yang telah selesai sertifikatnya memiliki papan data ini.

“Melalui kesempatan ini juga dihimbau pada pengurus masjid, mushalla maupun lembaga keagamaan yang memiliki aset dari wakaf, untuk segera mengurus legalitasnya mulai dari Akta Ikrar Wakaf (AIW) hingga sertifikat,” tutup Afrizen. (hd)

Tags: , , , , , , , , ,