Linmas Kelurahan Simpang Rumbio Ikuti Latsarmendis

Linmas Kelurahan Simpang Rumbio Ikuti Latsarmendis

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Simpang Rumbio mengadakan Latihan Dasar Mental dan Disiplin (Latsarmendis) bagi Linmas Kelurahan Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok.

Hal ini dilakukan dalam rangka Implementasi Dana Kelurahan DAU tambahan tahun 2019 yang di adakan di Aula Kelurahan Simpang Rumbio, Rabu, (11/9/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Anggota Linmas Kelurahan Simpang Rumbio yang berada di masing-masing RT, Linmas Kelurahan Simpang Rumbio berjumlah 12 orang. Latsarmendis Linmas ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Simpang Rumbio Zulkifli S.Sos, Kasi Pemerintahan dan Trantib Arkaf M.F, SH, Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Fauziah Arsyadina, S.STP dan Narasumber dari Dinas Pol.PP & Damkar yang di wakili oleh Kabid Linmas Deddy Agung Pratama, S.STP dan dari Polsek Kota yang di wakili oleh Babinkamtibmas Simpang Rumbio, Brigadir Bayu Pratama dan Aiptu Ardi, Brigadir Andre Yusuf.

Dalam sambutannya   Lurah Simpang Rumbio yang sekaligus membuka acara pembukaan acara Latsarmendis Linmas Kelurahan Simpang Rumbio menyampaikan ucapan terima kasih kepada Narasumber yang telah hadir dalam acara ini serta kepada para peserta Latsarmendis. ” Kegiatan ini harus dilaksanakan sesuai Permendagri tentang pembekalan untuk bisa memback up kegiatan yang ada di Kelurahan Simpang Rumbio,” ujar Zulkifli.

Dalam perkembangan sampai tahun 2019 hampir setiap bulan ada kejadian di Kelurahan Simpang Rumbio baik itu yang bersifat pidana maupun penyakit masyarakat (pekat), dan sebab itu lah kita harus mempunyai bekal kesiapan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Kami berharap kegiatan ini sukses dan lancar serta mendapat hidayah dan rahmat oleh Allah, mari kita bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk membangun Kelurahan kita ini untuk lebih maju lagi karena dengan semua itu kita pasti bisa, dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim maka Pelatihan Pembekalan Latsarmendis  kami buka, selamat dan Sukses kepada para peserta, jaga diri dan kesehatan.

Dalam paparan narasumber dari Pol.PP & Damkar, yang disampaikan oleh Kabid Linmas Deddy Agung Pratama, S.STP menyampaiakan bahwa Kami ingin membagi informasi tentang optimalisasi peran satlinmas di Kelurahan , Satlinmas harus berperan aktif membantu Polri dan TNI di wilayah masing-masing karena saat ini satlinmas ada di masing-masing RT.

Tugas dan fungsi Satlinmas yaitu menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, membantu masyarakat dalam berbagai hal yang bersifat bencana alam, melaporkan semua hal kejadian terkait Penyakit Masyarakat (Pekat) ke Pol.PP & Damkar dan kriminal ke Polri dan harus bisa membedakan antara kriminal dengan Penyakit masyarakat.

Dan dari paparan Aiptu Ardi dari Polsek Kota menyampaikan bahwa sukses dari awal terletak daalm diri kita sendiri, dan kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran kelurahan, Linmas adalah mitra kami atau perpanjangan tangan dari Pihak Kepolisian.

Aman secara difinisi adalah suatu keadaan atau kondisi berjalan sesuai mestinya tanpa ada gangguan dari kelompok atau golongan atau individual, tapi kalau ada gangguan berarti itu tidak aman, dalam tersebut perlunya kita didalam masyarakat untuk menjaga situasi agar menjadi konduksif, pemahaman dari fungsi dan tugas linmas itu yaitu menjaga dan memantau di masing-masing wilayah seperti dengan melaksanakan Ronda malam agar di Kelurahan Simpang Rumbio dalam keadaan aman bagi yang berdomisili di Kelurahan ini.

Dari proses pembangunan ada efek yang perlu kita atasi yaitu akan timbulnya kejahatan atau kriminalisasi yang perlu kita atasi, masalah kamtibmas bukan tanggung jawab TNI dan Polri serta Pemerintahan saja tapi adalah tanggung jawab kita bersama terutama Anggota Linmas Kelurahan, Landasan yuridis atau Hukum adalah pasal 30 UUD 1945 ayat 1 yaitu setiap warga negara wajib ikut serta dalam hal pertahanan negara. (amf)

Tags: , , , , ,