Live Streaming MTQ 38 Sumbar Melibatkan Siswa Broadcasting SMKN 1 Solok

Live Streaming MTQ 38 Sumbar Melibatkan Siswa Broadcasting SMKN 1 Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan di Kota Solok dari tanggal 15 s/d 22 Juni 2019 telah memasuki hari kelima.

Selama kegiatan MTQ berlangsung yang tersebar di 17 lokasi lomba selalu ramai disaksikan oleh warga kota Solok maupun pendamping untuk menyaksikan para kafilah terbaik ranah minang mengerahkan kemampuan terbaiknya pada masing-masing cabang lomba.

Bagi masyarakat yang berhalangan untuk hadir langsung ke lokasi MTQ, Panitia telah menyediakan akses live streaming (siaran langsung melalui media internet) yang dikelola Media Center Pemko Solok yang berposko di Masjid Agung Al Muhsinin sejak hari pertama gelaran MTQ.

Fasilitas live streaming tesebut memanfaatkan channel youtube dan halaman facebook yang dapat diakses dimana saja melalui akun Info Publik Solok yang dikelola oleh Dinas Kominfo Kota Solok

Agar dapat melaksanakan kegiatan live streaming ini dengan baik, Media Center Pemko Solok melakukan kerjasama dengan SMK Negeri 1 Solok dengan melibatkan siswa program broadcasting (penyiaran) SMKN 1 Solok.

Siswa broadcasting SMKN 1 Solok yang telah ditunjuk melakukan liputan live streaming di empat titik atau lokasi lomba, yaitu Mimbar Utama Lapangan Merdeka (Tilawah Dewasa), Masjid Agung Al Muhsinin, (Tilawah Anak-anak dan Remaja) Gedung Kubuang 13 (Bintang Qasidah), dan Gedung GOR Tanjung Paku (Fahmil Quran).

Dari empat lokasi tersebut masing-masing bertugas dua orang siswa dalam satu tim. Setiap dua lokasi didampingi oleh satu orang guru yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya jika terjadi gangguan teknis dan lainnya.

Untuk memudahkan koordinasi jika terjadi gangguan teknis, Teknisi Dinas Kominfo yang bertugas di Media Center selalu memantau jalannya live streaming di setiap lokasi.

Setiap tim menggunakan peralatan utama seperti satu unit kamera video, tripod dan sebuah PC untuk melakukan streaming, selain peralatan tersebut tentunya dibutuhkan jaringan koneksi internet yang telah disediakan oleh Kominfo di lokasi tersebut. Tim secara bergantian bertugas sebagai operator kamera dan sebagai pemantau koneksi untuk memastikan live streaming berjalan lancar.

Kepala SMKN 1, Drs. Efizal Arifin pada saat melepas para siswa yang bertugas meliput menyampaikan bahwa ini kesempatan yang diberikan kepada para siswa yang ditunjuk untuk menunjukkan potensi yang dimiliki dan mengaplikasikan ilmu dan teknis yang telah dipelajari dalam penggunaan kamera pada saat meliput sebuah acara kegiatan.

Disamping itu, Efizal mengharapkan para siswa dapat memberikan pelayanan yang maksimal pada saat bertugas.

“Jangan mengeluh dan manja, jika ada terjadi gangguan-gangguan kecil diusahakan untuk mencari solusinya terlebih dahulu sambil menunggu pihak yang berkompeten ataupun guru pembimbing sampai di lokasi,” pesan Efizal.

Jadwal streaming berlangsung dari jam 08.00 WIB sampai jam 23.00 WIB atau menyesuaikan jadwal perlombaan yang berada di lokasi masing-masing. Jadwal pada malam hari hanya streaming di Mimbar Utama Lapangan Merdeka.

Untuk Mimbar Utama di Lapangan Merdeka, terkendala dengan cuaca sehingga tidak bisa streaming dalam kondisi hujan sehingga terkadang hanya dilakukan recording saja dan diupload oleh pihak Kominfo di media sosial dan website mtq38.sumbarprov.go.id serta fasilitas videotron milik Pemko Solok.

Dodi M. Zair, salah satu Teknisi Dinas Kominfo yang membantu para siswa dalam melakukan live streaming mengatakan, pengalaman streaming ini nantinya bisa bermanfaat bagi siswa SMKN 1 Solok dalam meliput event apapun yang ada di sekolah atau acara penting lainnya dan bisa disiarkan langsung melalui akun-akun media sosial yang dimilikinya.

Dengan adanya event MTQ ini tentunya banyak dampak positif dan pengalaman berharga yang diperoleh oleh siswa broadcasting SMK Negeri 1 Solok. (as)

Tags: , , ,