Logo Baru KemenKopUKM Simbol Visi Masa Depan: Future Mobility, Future Fashion, Future Food dan Future Craft.

Logo Baru KemenKopUKM Simbol Visi Masa Depan: Future Mobility, Future Fashion, Future Food dan Future Craft.

Jakarta, (InfoPublikSolok) – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) ingin membangun citra yang relevan dengan perkembangan zaman sebagai organisasi yang lebih modern, dinamis dan visioner dalam menghadapi masa depan. Merancang ekosistem terbaik demi percepatan menuju koperasi yang modern dan UMKM naik kelas.

Untuk itu, KemenKopUKM menggaungkan sebuah gerakan baru yang disebut dengan Ekosistem untuk Transformasi Koperasi dan UMKM. Gerakan ini diawali dengan peluncuran logo baru KemenKopUKM.

Tercatat saat ini ada 64 juta pelaku usaha di Indonesia. Dimana 99% diantaranya adalah pelaku UMKM. Dengan kemampuan dalam menyerap 97% tenaga kerja dan menyumbang 60% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, UMKM bisa dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia.

Selama setahun lebih, pandemi Covid-19 mendorong pelaku UMKM untuk terus beradaptasi dan bertransformasi. Tidak hanya bertahan, namun juga harus mampu untuk mematangkan diri, terus berinovasi, dan bersiap untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Selama setahun lebih pula, seluruh karyawan dan karyawati KemenKopUKM beserta Badan Layanan Umum (BLU) telah bekerja secara keras, cerdas, dan tuntas dalam membuktikan komitmennya untuk terus membantu dan mendukung sebanyak-banyaknya pelaku koperasi dan UMKM Indonesia agar mampu bertahan, bangkit, dan pulih.

Ekosistem ini merupakan perwujudan dari logo baru KemenKopUKM yang menjadi simbol visi masa depan dan kemajuan yang modern. Rancangan masa depan dengan sebuah landscape baru melalui kekuatan sumber daya bangsa yakni future mobility, future fashion, future food dan future craft.

Future Mobility: Menciptakan produk yang tidak hanya menjawab solusi mobilitas publik, namun juga memikirkan aspek kesinambungan dan lingkungan.

Future Fashion: Mengeksplorasi karya seni tradisi, kontemporer, dan material untuk menciptakan produk berdaya saing global.

Future Food: Mengembangkan inovasi produk kuliner lokal bernilai tambah tinggi dan masuk ke rantai pasok industri.

Future Craft: Memanfaatkan teknologi informasi dan kolaborasi dengan berbagai ekosistem kreatif lokal sehingga kerajinan Indonesia bisa mendapat tempat di pasar internasional sekaligus memperkuat citra dan jati diri bangsa.

Logo baru ini mencerminkan value dari KemenKopUKM yaitu kerjasama, seperti anyaman yang saling meperkuat secara berkesinambungan, sehingga membentuk budaya kerja yang positif dan optimis dalam menghadapi segala tantangan.

sumber: smesco.go.id

Tags: , ,