Lokakarya Fotografi CommuniAction 2021: Membidik Peluang dari Sudut Lensa

Lokakarya Fotografi CommuniAction 2021: Membidik Peluang dari Sudut Lensa

Solok, (InfoPublikSolok) – Sebagai lanjutan dari rangkaian kegiatan “CommuniAction 2021” Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Solok menggelar lokakarya fotografi dan videografi di D’Relazion resto & café pada Kamis (25/11/2021).

Lokakarya fotografi ini menghadirkan narasumber dari profesional yang berkecimpung di dunia fotografi dan jurnalistik, Lastri Berry Wijaya dari AFP Photo Journalist dan Muhammad Irfan, jurnalis juga penggiat media sosial Sumatera Barat. Selain sebagai narasumber, Lastri Berry Wijaya dan Muhammad Ifran juga menjadi dewan juri lomba fotografi dan video yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh Dinas Komuniasi dan Informatika Kota Solok.

Kegiatan yang diikuti oleh kontributor Info Publik Solok dan penggiat fotografi Kota Solok, dibuka dengan penyampaian laporan ketua pelaksana, Beny Junaidi.

Beny menyampaikan bahwa respon generasi muda Kota Solok dan sekitarnya sangat bagus terhadap rangkaian kegiatan “CommuniAction 2021” ini. Hal ini terbukti lomba fotografi diikuti sekitar 50 peserta dan 20 peserta kategori lomba videografi. Selanjutnya Beny juga menyampaikan harapannya, rangkaian kegiatan “CommuniAction 2021” dapat membawa dampak positif bagi Kota Solok.

“Dengan adanya kegiatan ini harapanya publikasi dan informasi khususnya wisata Kota Solok akan semakin bagus ke depannya, serta generasi muda Kota Solok semakin kreatif di bidang fotografi dan video,” ungkap Beny mengakhiri laporannya.

Turut hadir dalam lokakarya ini, Plt. Kepala Diskominfo Kota Solok, Lusya Adelina, Dalam sambutannya Lusya Adelina menyampaikan pada foto dan videografi banyak pengetahuan yang bisa dipelajari. Untuk menciptakan suatu karya foto dan video yang berkualitas perlu memahami segala seluk-beluk informasi mengenai fotografi dan video.

“Untuk itu diminta kepada peserta untuk mengikuti lokakarya fotografi dan video dengan serius. Sehingga ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh narasumber dapat dipahami dengan baik,” sampai Lusya.

Kegiatan Lokakarya dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Muhammad Irfan mengenai teknik pembuatan konten video, cara pengambilan gambar objek serta tips membuat caption yang baik di medsos.

Setelah penyampaian materi pertama, peserta diajak untuk turun ke lapangan untuk hunting foto, yaitu Irigasi Banda Kilang dan obyek wisata Pulau Belibis.  Selanjutnya usai turun lapangan hasil potret dari peserta akan dievaluasi oleh Lastri Berry Wijaya dengan menambahkan materi terkait teknik dasar fotografi dan tips-tipsnya.

“Proses belajar memang step by step apalagi fotografi itu sangat luas dan sebagian peserta saya lihat sudah paham dan bagus dalam fotografi jadi saya senang mereka sudah mendapatkan ilmu baru serta bisa mempraktikkannya. Harapan saya setelah acara ini berakhir ilmu yang diberikan dapat terus terpakai baik untuk kegiatan sehari-hari ataupun dalam kegiatan yang berhubungan dengan jurnalistik nantinya,” ujar narasumber yang akrab dipanggil Adek Berry ini.

Acara lokakarya “CommuniAction 2021” ditutup dengan pengumuman hasil lomba fotografi dan videografi yang sudah berlangsung pada 12 s/d 22 November 2021. Sebagai bentuk apresiasi, karya dari para peserta lomba foto dipamerkan selama pelaksanaan kegiatan lokakarya di beranda ruang pertemuan D’relazion.

 

Reporter: Rafika Indriani Fajrin
Redaktur: NV

Tags: , , ,