Lomba Kader Posyandu Berprestasi, Wako Sambut Kedatangan Tim Penilai Tingkat Provinsi

Lomba Kader Posyandu Berprestasi, Wako Sambut Kedatangan Tim Penilai Tingkat Provinsi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka Penilaian Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar sambut kedatangan Tim Penilai, di halaman Kantor Camat Tanjung Harapan, Kamis (21/10/21).

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum TP-PKK Provinsi Sumbar Ny. Harnelli Mahyeldi, Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Hj. Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Ketua Dharma Wanita Kota Solok, Ny. Rida Syaiful, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Ardinal, SKM, MKM, Kepala OPD terkait, Camat Tanjung Harapan, dan Kader Posyandu Wijaya Kusuma V Tanjung Paku.

Wali Kota Solok H. Zul Efian Umar dalam sambutannya mengatakan Posyandu adalah bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang keberadaannya dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat, dalam rangka membantu penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

“Posyandu telah berperan penting dalam memperluas dan mendekatkan akses pelayanan Keluarga Berencana (KB), serta terbukti mampu menjalankan fungsi mengendalikan pertumbuhan penduduk dan memelihara kesehatan reproduksi,” ucap Wako.

Posyandu juga diharapkan dapat menjadi wadah mendorong ekonomi keluarga, dengan tujuan agar nantinya masyarakat dapat dengan mudah memperoleh hak-hak dasarnya, khususnya hak mendapatkan pelayanan kesehatan.

Di masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan Posyandu mengalami penurunan, seperti penurunan kinerja pelayanan dan aktivitas di seluruh posyandu, yang cukup berdampak terhadap pemerataan layanan kesehatan.

“Dengan kondisi yang sudah mulai membaik saat ini, diharapkan kita kembali bersama bahu-membahu membenahi kembali Posyandu dan dituntut agar Pokjanal dari tingkat Kota sampai Pokja Kelurahan beserta kader mengembangkan inovasi agar tercapai semua target pelayanan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pokjanal Kota, Pokjanal Kecamatan, Pokja Kelurahan dan seluruh kader Posyandu terutama Kader Posyandu Wijaya Kusuma V Tanjung Paku, serta semua OPD terkait yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga kerja kerasnya menjadi bagian dari perjuangan menguatkan sistem hubungan kemitraan yang harmonis, sinergis dan strategis dan diberkahi oleh Allah SWT,” tutup Wako. (es)