Lomba Penampilan Bakat dan Prestasi Anak Berkebutuhan Khusus

Lomba Penampilan Bakat dan Prestasi Anak Berkebutuhan Khusus

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019 Tingkat Kota Solok, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) mengadakan lomba penampilan bakat dan prestasi anak berkebutuhan khusus di Gedung Satuan Pendidikan Non Formal SKB, Selasa (06/08/2019).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Delfianto, S.Sos, turut hadir Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Dra. Hj. Deli Harni dan jajarannya serta 50 orang peserta lomba Anak Berkebutuhan Khusus dari SLB se Kota Solok . Tim juri berasal dari SMP N 1 Kota Solok, SMA N 1 Solok, SMK N 1 Solok, SMA N 3 Solok. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan menggali potensi Anak Berkebutuhan Khusus.

Dalam pembukaan, Kepala Dinas PPPA Delfianto, S.Sos menyampaikan  Berdasarkan Undang-undang  nomor 8 tahun 2016 yang dimaksud anak yang berkebutuhan khusus (disabilitas) adalah anak yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan sensoris yang dialami  dalam jangka waktu  lama  yang menghambat aktivitas tertentu karena ketiadaan akses lingkungan yang mendukung. Anak Berkebutuhan Khusus harus diberikan kesempatan yang sama dalam mengembangkan potensi diri dan bakat yang dimilikinya, salah satunya dengan menempilkan bakat dan prestasi.

Lebih lanjut, Delfianto mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan anak- anak kita yang berkebutuhan khusus ini dapat mengembangkan potensi diri mereka baik dalam melukis/mewarnai ataupun menyanyi/ pembacaan puisi sehingga mereka mempunyai kepercayaan  diri yang kuat ,bersemangat, bergembira dan juga melatih mereka untuk dapat bersosialisasi dan hidup mandiri, tuturnya.

Lomba penampilan bakat yang dilakukan adalah lomba melukis dan mewarnai, lomba menyanyi “3 End” dan “Aku Anak Istimewa” dan juga lomba membaca puisi dengan judul “Tuhan Tidak Pernah Salah”.

Juara I lomba Melukis dan Mewarnai berasal dari SLB Negeri 1 Kota Solok atas nama Harmezi, juara 2 berasal dari SLB Lentera atas nama Rahmadini, dan juara 3 berasal dari SLB Negeri 1 Kota Solok atas  nama Rino Mardinus.

Juara 1 Lomba Menyanyi dan Puisi berasal dari SLB Bima atas nama Azizah Khairani Davo, Juara 2 berasal dari SLB Negeri 1 Kota Solok atas nama Muhammad Sidiq, Juara 3 berasal dari SLB Negeri 1 Kota Solok atas nama Dwi Yohanda Desfita.(As)

Tags: , , , ,