Lomba Pengolahan Pangan Lokal Tingkat Kota Solok

Lomba Pengolahan Pangan Lokal Tingkat Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pangan Kota Solok mengadakan Lomba Pengolahan Pangan Lokal Tingkat Kota Solok Tahun 2019 yang dilaksanakan di ruang Workshop  SMK N 3 Solok, Rabu (16/10). Lomba ini dihadiri sebanyak 10 kelompok dengan masing-masing kelompok 2 orang. Juri Lomba sebanyak 3 orang yang berasal dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar , Deri Swasti dan Sil Azhra dari Dinas Pangan Kota Solok serta Maimunah dari SMK N 3 Solok.

Dalam acara ini Kepala Sekolah SMK N 3 Kota Solok menyampaikan, ” Dengan diadakannya lomba ini semoga dapat meningkatkan semangat peserta untuk menciptakan suatu hal yang baru seperti kuliner yang enak dan sehat. Melalui lomba ini agar peserta dapat mengembangkan usahanya dan memberikan suatu icon kuliner bagi Kota Solok. Peserta yang mengikuti lomba hari ini semoga bermanfaat serta mengembangkannya sebagai usaha baru bagi peserta, ” ujar Kepsek.

Kusnadi selaku Kepala Dinas Pangan memberikan arahan kepada peserta Lomba agar peserta Lomba memberikan hasil masakan yang terbaik dalam Lomba ini, supaya peserta yang menang Lomba dapat melanjutkan lomba ini ke Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pertengahan bulan November 2019.

” Ciptakanlah suatu makanan yang baru, unik, sehat dan aman  untuk dikonsumsi agar dapat memberikan suatu ikon terbaru bagi daerah Kota Solok. Bahan pokok yang digunakan yaitu singkong dan jagung, maka peserta dapat berinovasi sesuai pilihan mereka, ” papar Kadis.

Pada akhir lomba untuk juara pertama  diraih oleh Kelurahan Kampung Jawa dengan nilai 82,67, juara kedua diraih oleh Kelurahan Tanah Garam dengan nilai 82,20 dan juara tiga diraih oleh Kelurahan Sinapa Piliang dengan nilai 81,83. Bagi  peserta yang menjuarai lomba ini akan mewakili Kota Solok pada lomba pengolahan pangan lokal tingkat Provinsi Sumbar, sekaligus memperkenalkan produk pangan lokal khas Solok kepada Kabupaten / Kota Lainnya. (rab)

Tags: , , , , ,