LPMK, RT/RW, Ketua Pemuda Simpang Rumbio Ikuti Pelatihan Pemakaian HT

LPMK, RT/RW, Ketua Pemuda Simpang Rumbio Ikuti Pelatihan Pemakaian HT

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Simpang Rumbio mengadakan Sosialisasi Pelatihan Tata Cara Pemakaian Handy Talky (HT) yang diadakan di Ruang Kerja Lurah Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Jumat (13/9).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Lurah Simpang Rumbio Zulkifli, hadir Ketua RAPI Kota Solok, Nem Dt. Lelo Basa, Kasi Pem & Trantib Kelurahan Simpang Rumbio Arkaf M.F yang di ikuti oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Ketua Rukun Tetangga (RT), Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Pemuda Kelurahan Simpang Rumbio. Dengan narasumber Darmawan anggota RAPI Kota Solok.

Lurah Simpang Rumbio Zulkifli, S.Sos menyampaikan tahun 2019 ini seluruh Ketua LPMK, Ketua Pemuda Kelurahan, Ketua RT/RW Kelurahan Simpang Rumbio mendapatkan bantuan HT, yang seluruhnya berjumlah 20 unit yang bersumber dari dana Kelurahan DAU Tambahan tahun 2019.

“Semua yang menerima bantuan HT adalah pemula atau belum bisa memakai dan mempergunakannya serta belum tahu tata cara dan aturannya dalam pengunaan HT,” ungkap Zulkifli.

Lurah Simpang Rumbio berpesan “HT yang diterima dijaga dan dirawat dengan baik karena anggaran untuk perawatannya tidak tersedia dalam anggaran kelurahan dan pemakaiannya digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” harap Zulkifli.

Darmawan selaku narasumber menyampaikan adab, etika dan tata cara pengunaan HT untuk masuk/berbicara pada frekwensi RAPI dalam saluran 143.380 Hz. “Pengguna HT bergabung dengan RAPI dan memakai frekwensi tersebut maka seluruhnya menjadi tanggung jawab RAPI, pengguna frekuensi akan dipandu dalam pemakaiannya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Darmawan juga menjelaskan bagaimana tata cara berkomunikasi mengunakan HT melalui repeater. “Berkomunikasi dengan HT harus mengunakan kata-kata yang jelas dan mudah dimengerti dan dipahami. Frekuensi RAPI juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan hal-hal yang bersifat darurat/emergensi/urgen silahkan gunakan interupsi,” jelasnya.

“Pada intinya dalam penggunaan HT yang terpenting adalah bagaimana sikap (attitude) kita sebagai pengguna frekuensi yang notabene adalah milik bersama, untuk itu harus selalu menjaga kesopanan dan kearifan dalam berkomunikasi dengan memberikan jeda atau intonasi dalam berbicara kepada pengguna lain untuk dapat berkomunikasi,” kata Darmawan mengakhiri. (amf)

Tags: , , , , , , , ,