Lulus Pelatihan Stir Mobil, Peserta Akan Diberikan SIM A

Lulus Pelatihan Stir Mobil, Peserta Akan Diberikan SIM A

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Solok menyelenggarakan pelatihan keterampilan stir mobil khusus bagi laki-laki usia 19 sampai 35 tahun. Pelatihan digelar selama 13 hari dari tanggal 11 – 23 Agustus 2022.

Pembukaan pelatiahan stir mobil ini dilaksanakan di ruangan aula DPM-PTSP Kota Solok, Kamis (11/8) dihadiri oleh Kepala DPM-PTSP Kota Solok Ir. Hendaukhtri, Kabid Pelayanan Informasi, Advokasi dan Tenaga Kerja, Silvia Dianty, Hendri Anto selaku panitia pelaksana pelatihan, Pimpinan Stir Mobil Bundo, Alpian, S.Pd serta para peserta pelatihan stir mobil yang telah lulus seleksi administrasi.

Ketua Pelaksana Hendri Anto dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada peserta pelatihan stir mobil yang telah lulus seleksi administrasi. Ia berharap peserta yang lulus bisa melaksanakan rangkaian kegiatan stir mobil ini dengan serius dan sampai selesai agar semua peserta mahir membawa mobil sebagai bekal untuk mencari kerja atau membuka lapangan kerja nantinya

Hendri menyebut, dari 93 berkas pendaftaran yang masuk ke dinas DPMPTSP ditetapkan sebanyak 25 orang peserta lulus seleksi adminsitrasi, seluruh peserta berdomisili di Kota Solok dibuktikan dengan adanya KTP dan Kartu Keluarga Kota Solok. Para peserta pelatihan stir mobil akan menerima fasilitas pakaian, uang transport, snack dan makan siang.

Kepala DPM-PTSP Kota Solok Hendaukhtri mengatakan seluruh peserta yang telah selesai melakukan rangkaian pelatihan nantinya akan diberikan SIM A.

“Kegiatan pelatihan stir mobil ini bukti pemerintah daerah sangat memperhatikan angkatan kerja yang memiliki keterbatasan keterampilan. Sebelumnya DPM-PTSP juga telah meberikan pelatihan-pelatihan keterampilan seperti Barbershop, Tata Boga dan pesertanya sudah ada yang bekerja dan membuka lapangan kerja,” ungkap Kadis.

“Setelah pelatihan stir mobil ini juga akan diselenggarakan pelatihan teknisi komputer. Semoga dengan adanya rangkaian pelatihan keterampilan ini dapat menjadi bekal berharga bagi seluruh peserta serta angka pengangguran di Kota Solok terus berkurang,” harap Hendaukhtri menambahkan.

Mengakhiri arahannya, Hendaukhtri menyampaikan, para peserta pelatihan dapat mengakses media sosial Facebook, Instagram milik DPM-PTSP Kota Solok yang terus memberikan update informasi lowongan pekerjaan di daerah Solok dan sekitarnya.

 

Usai pembukaan, selanjutnya peserta pelatihan langsung dibawa ke lapangan untuk diberikan materi oleh Lembaga Kursus Stir Mobil Bundo, mulai dari cara menghidupkan mobil, membuka kap mobil, memeriksa kondisi ban, air radiator, aki mobil, pengenalan tombol dan menghidupkan lampu-lampu mobil, pengenalan tuas gas, rem, dan kopling, hingga pengenalan rambu-rambu lalu lintas. (mn)

Tags: ,