Magang Preservasi dan Restorasi Arsip Statis

Magang Preservasi dan Restorasi Arsip Statis

Jakarta, (InfoPublikSolok) – Untuk meningkatkan dan menambah wawasan serta pengetahuan tentang kearsipan mengenai tata cara dan pelaksanaan preservasi dan restorasi arsip statis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok melakukan kegiatan Magang ke Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta. Kegiatan magang ini dilaksanakan dari tanggal 02 s/d 08 Maret 2020.

Kegiatan ini antara lain diikuti oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan Desriyanti, Kepala Seksi Akuisisi, Pengolahan dan Preservasi Arsip Statis Afnisal, Arsiparis Desi Purnia, dan Staf Sub bagian Umum dan Kepegawaian Musinar. Kegiatan tersebut di dampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Wadirman.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Wadirman, dalam hal ini menyampaikan tujuan dari kegiatan magang ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan mengenai tata cara dan pelaksanaan preservasi dan restorasi arsip statis khususnya.

Sesuai dengan materi magang, tim magang DPK diarahkan ke Deputi Bidang Konservasi Arsip pada Direktur Preservasi Arsip. Kunjungan tersebut diterima oleh Arsiparis Madya Madris pada Subdirektorat Restorasi. Dihadapan para tamu peserta magang, Madris menceritakan tentang Empat Program pokok pada restorasi arsip.

“Empat Program pokok pada restorasi arsip yaitu Perbaikan arsip statis yang ada dilingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ataupun di luar ANRI, Perbaikan arsip statis warisan budaya seperti yang ada dilingkungan kerajaan atau keraton, Penanganan arsip bencana baik yang bersifat lokal ataupun nasional dan Program Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska). Pelaksanaan restorasi arsip harus sesuai dengan prosedur, mulai dari penerimaan arsip, pencatatan informasi arsip, penyortiran melakukan penetralan kadar asam dengan deasidifikasi dan selanjutnya menentukan metode perbaikan arsip yang akan digunakan,” paparnya.

Restorasi arsip memiliki beberapa metode yang dapat dilakukan yaitu, Metode sizing untuk memperkuat arsip dengan menggunakan tissu jepang, Metode enkapsulasi untuk memelihara arsip dengan cara menggunakan bahan pelindung guna menghindari arsip dari kerusakan yang bersifat fisik, ungkap Darlias.

Dalam Kegiatan ini tim magang DPK dapat melihat langsung proses restorasi arsip yang sedang dilaksanakan dari pengeriangan arsip secara manual, menstrika arsip, menambal dan menyambung arsip dengan filoplast, menambal dan menyambung arsip dengan tissu jepang, proses enkapsulasi arsip dan Digitalisasi arsip.

“Reproduksi dan Digitalisasi Arsip bertujuan untuk melestarikan dan menjaga fisik arsip agar tetap utuh, terjaga dengan baik dan meningkatkan pelayanan sehingga pelayanan dan kepuasan pengguna lebih optimal,” ungkap Desriyanti

“Pengetahuan dan Informasi yang didapatkan dari ANRI ini nantinya akan diterapkan di daerah kami, guna memperkuat peran kearsipan dalam meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan pelayanan kearsipan yang lebih optimal pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok,” tutup Wadirman. (jij)

Tags: , , , , ,