Mahasiswa KKN Fakultas Teknik Unand Bantu Tempat Cuci Tangan Innovative

Mahasiswa KKN Fakultas Teknik Unand Bantu Tempat Cuci Tangan Innovative

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Teknik Universitas Andalas (UNAND) menyerahkan bantuan berupa tempat cuci tangan kepada Pemerintah Kota Solok di Balai Kota Solok, Selasa (05/05).

Bantuan tersebut diterima langsung Wali Kota Solok H.Zul Elfian dari perwakilan Fakultas Teknik UNAND, turut mendampingi Penjabat Sekretaris Daerah Kota Solok, Luhur Budianda, Dandim 0309 Solok Letkol Arm. Reno Triambodo, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Solok, Bujang Putra, Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ambun Kadri, Kabag Perekonomian Setda Kota Solok Milda Murniati.

Tempat cuci tangan tersebut telah menggunakan Touchless Hand Washer (THW) yaitu alat cuci tangan tanpa sentuh dengan mengunakan sistem kerja pijakan kaki secara mekanikal. THW beroperasi tanpa menyentuh langsung pada kran air dan tempat sabun sehingga lebih praktis, higenis dan tidak terkontaminasi langsung dengan pengguna Hand Washer sebelumnya.

Walikota Solok dalam sambutannya mengatakan Covid-19 dapat menular lewat berbagai media, salah satunya lewat sentuhan di keran air yang terdapat ditempat cuci tangan yang ditempatkan di fasilitas publik yang belum tentu terbebas dari virus.

“Namun dengan adanya inovasi seperti ini sangat tepat dalam menambah upaya pencegahan penyebaran Covid-19, dimana kita dapat menghilangkan sentuhan pada kran di tempat cuci tangan,” kata Zul elfian.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa yang telah berkontribusi untuk pencegahan pandemi ini. “Semoga ilmu yang di peroleh dapat terus di aplikasikan untuk hal hal yang berguna bagi masyarakat serta nusa dan bangsa, serta menjadi amal ibadah bagi mahasiswa ini,” pungkas Wako.

THW merupakan salah satu bentuk inovasi yang memberikan solusi kepada masyarakat yang enggan menggunakan Hand Washer karena dikhawatirkan dapat terjadi penularan Covid-19 dari pengguna sebelumnya. Tempat cuci tangan tersebut dibuat dengan sistem pijakan non sensor dengan model menara mini dan menggunakan tangki toren berkapasitas sekitar 250 liter, tempat sabun, tempat tisu dengan penutup di tiga sisi desainnya (df).

Tags: , , , , , , , ,