Mahasiswa Poltekes Padang Lakukan Praktek Kerja Lapangan di Kelurahan Nan Balimo

Mahasiswa Poltekes Padang Lakukan Praktek Kerja Lapangan di Kelurahan Nan Balimo

Solok, (InfoPublikSolok) – Mahasiswa Poltekes (Politeknik Kesehatan)  Kemenkes Padang melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kelurahan Nan Balimo. Kegiatan kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang sudah mereka lakukan sebelumnya yaitu kegiatan identifikasi. Mahasiswa PKL ini melakukan assesment (pengumpulan data) lansia, balita dan ibu hamil sebagai bentuk kegiatan lapangan pada Jum’at (26/03/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di  RW 3 Kelurahan Nan Balimo. dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan data ini, mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing beranggota 5 orang.

Pengumpulan data dilakukan terhadap 10 orang sampel pendataan, yang terdiri dari 5 orang lansia, 3 orang balita, 1 orang ibu hamil, dan 1 orang manta pasien Covid-19. Hasil dari pengumpulan data menunjukan bahwa sampel menderita hipertensi, pernah mengalami stroke serta menderita asam urat.

Berdasarkan hasil pendataan, rata-rata dari masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan belum menerapkan 3M secara maksimal, belum mau memakai masker saat pergi ke warung, dan jarang mencuci tangan dengan sabun. Seterusnya ditemukan masih ada masyarakat yang belum mempunyai saluran pembuangan air, sehingga air limbah cucian dan rumah tangga dibuang ke sembarang tempat. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan masalah kesehatan terhadap masyarakat.

Untuk kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selanjutnya akan dilaksanakan penyuluhan sesuai dengan permasalahan yang dialami masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan gizi, kesehatan lingkungan, kesehatan gigi dan mulut, keperawatan dan kebidanan. Masyarakat menyambut hangat saat mahasiswa datang dan melakukan pendataan.

Untuk kegiatan ini Lurah Nan Balimo, Rahman Hidayu, sangat mengharapkan agar masyarakat yang diberi ilmu dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga kesehatan akan lebih meningkat. Selain itu beliu turut berterima kasih atas antusias para mahasiswa dalam melayani masyarakat.

“ Kami berharap masyarakat dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dari adik adik mahasiswa¸ dan terimakasih kepada mahasiswa yang telah melakukan kegiatan praktek lapangan di Kelurahan Nan Balimo,”  sampai Rahman  Hidayu. (cps)

Tags: , , , , , , , ,