Mahasiswa se-Kota Solok Ikuti Sosialisasi Politik Hukum, Budaya Politik dan Etika Demokrasi

Mahasiswa se-Kota Solok Ikuti Sosialisasi Politik Hukum, Budaya Politik dan Etika Demokrasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 17 April yang akan datang, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Solok menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Politik Hukum, Budaya Politik dan Etika Demokrasi bagi mahasiswa se-Kota Solok di aula Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Solok, Selasa (19/3/2019).

Dalam laporan Panitia Pelaksana Kepala Kesbangpol Kota Solok, Drs Fidlywendi Alfi, kegiatan ini diikuti oleh 60 Orang Mahasiswa se-Kota Solok yang berasal dari Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY), Akademi Keperawatan YPTK, Poltekkes Solok dan AMIK Kosgoro.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Wakil Walikota Solok, Reinier, yang sekaligus sebagai salah satu pemateri bersama dengan Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil Handhika, S.Sos. MM dan Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd

Dalam sambutannya Wakil Walikota, Reinier mengharapkan melalui sosialisasi ini dapat mendorong serta memotivasi para Mahasiswa untuk tidak Golput dan dapat menggunakan hak pilihnya sedangkan dalam paparan materinya Wawako mengatakan, sesuai dengan amanat yang terkandung dalam pasal 434 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 bahwa untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban penyelenggara pemilu (KPU), Pemerintah Daerah Wajib memberikan bantuan dan fasilitas sesuai dengan ketentuan perundang-perundangan yang berlaku.

Selanjutnya, Reinier mengingatkan para pemilih jangan sampai tergoda dan terjebak dengan politik uang. “Politik uang cuma kenikmatan sesaat, namun kita akan merasakan resikonya selama 5 tahun,” pesan Reinier.

Sementara itu Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil Handhika, S.Sos dalam paparannya menyampaikan bahwa partisipasi politik masyarakat tidak bisa dipisahkan dengan budaya politik yaitu suatu sikap dari warga negara terhadap kehidupan pemerintah dan politiknya, dan untuk membangun partisipasi politik yang baik dan budaya politik diperlukan sosialisasi politik.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd, menjelaskan tentang beberapa potensi kerawanan dalam pemilu dan sebagai penutup Ketua Bawaslu mengajak para mahasiswa untuk bersama-sama mengawasi Pemilu demi tegaknya keadilan Pemilu. (ai)

Tags: , , , , , , ,