Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kota Solok 2019

Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kota Solok 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pariwisata Kota Solok kembali sukses menggelar ajang Pemilihan Duta Wisata Tahun 2019. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan Malam Grand Final, Sabtu (13/7/2019) malam di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok.

Acara yang dibuka dengan penampilan tarian dari Sanggar Seni Lubuak Nan Tigo yang diiringi dengan permainan lighting berhasil memukau penonton yang hadir malam itu.

Dari barisan depan kursi undangan, tampak hadir Wakil Walikota Solok Reinier, Forkopimda Kota Solok, Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto, Ketua Dekranasda Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Ny. Elfia Reinier, Ketua Dharma Wanita Kota Solok Ny. Ria Rusdianto, Kepala OPD, Kepala SMA/SMK, Kepala SMP dan Kepala SD se-Kota Solok.

Turut hadir undangan dari Ikatan Uda Uni, Duta Genre, serta perwakilan Sumbar Pageants. Selain itu ruangan juga dipenuhi oleh keluarga serta para supporter dari masing-masing finalis.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvy Basri, dalam laporannya menyampaikan, ajang Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kota Solok tahun 2019 adalah untuk memilih Duta Wisata Uda dan Uni Kota Solok yang berkompeten dalam bidang pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif. Dan sekaligus sebagai perwakilan Uda dan Uni dari Kota Solok pada tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Pelaksanaan kegiatan ini juga tidak terlepas dari bantuan para sponsor yang memberi dukungan baik secara moral dan material. Pada kesempatan ini juga diberikan beberapa kategori pemenang dari sponsor diantaranya, Uda dan Uni Duta Lalu Lintas, Duta Anti Narkoba, Duta Baca, Uda Uni Photogenic,” sebutnya.

Ketua Dekranasda Kota Solok selaku Pembina Ikatan Uda Uni Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian dalam sambutannya menyampaikan Duta Wisata Uda Uni ini yang terpilih telah melalui proses seleksi diantaranya pengujian wawancara tentang kepariwisataan, pengetahuan umum, pemerintahan, organisasi, adat budaya, etika, kepribadian, public speaking dan penampilan”

“Dengan terpilihnya Uda Uni Duta Wisata ini nantinya diharapkan juga dapat mempromosikan hasil kerajinan khas Kota Solok, seperti Tenun Batang Lembang dan Bordiran Kasiak tidak hanya untuk di Sumatera Barat tapi juga ke nasional bahkan sampai ke mancanegara,“ ujar Ketua Dekranasda Kota Solok saat menutup sambutannya.

Pada Kesempatan ini, Wakil Walikota Solok Reinier yang sekaligus membuka acara ini secara resmi mengatakan kegiatan ini sangat penting dan harus terus dilaksanakan guna menggali dan menyalurkan bakat generasi muda Kota Solok khususnya dalam bidang promosi Pariwisata, budaya dan produk-produk khas kota Solok.

“Kepada yang terpilih nanti sebagai Uda dan Uni Kota Solok, status Duta Wisata Kota Solok adalah sebuah amanah yang harus diemban. Beban berat terletak dipundak untuk terus mempromosikan Kota Solok ke dunia luar,” tutur Wawako.

Kemeriahan terus berlanjut dengan penampilan peragaan pakaian dengan rancangan desainer Kota Solok Riko Keket serta bintang tamu Upiak Isil dengan suara merdu dan penampilan enerjiknya berhasil mengajak penonton untuk larut dalam nyanyiannya.

Tampilan kocak sang biduan membawakan lagu “Di Kedipnya Aku” membuat tawa penonton yang memadati ruangan tak henti-henti. “Tak Tuntuang” sebagai lagu pamungkas yang dinyanyikan oleh Upiak Isil makin membuat suasana makin meriah.

Berdasarkan hasil penilaian dari dewan juri, Farid Sadiqin Hendri dinobatkan sebagai Uda Kota Solok tahun 2019 dan Kaisa Salsabila sebagai Uni Kota Solok tahun 2019.

Selanjutnya juga ditetapkan M. Alvin Zhafran Busnia sebagai Uda Wakil I, Lara Surya Nengsih sebagai Uni Wakil I, Muhammad Irvan sebagai Uda Wakil II, Bella Utami sebagai Uni Wakil II.

Untuk Uda Uni Favorit tahun 2019 dinobatkan kepada Uda Adam Fernando dan Uni Rahma Deni Widia Putri. Kemeriahan acara ditutup degan penyerahan hadiah kepada para pemenang dan foto bersama dengan para pemenang. (sn)

Tags: , ,