Maraton Bareh Solok Run 10 K Diikuti 800 Peserta

Maraton Bareh Solok Run 10 K Diikuti 800 Peserta

Solok, (InfoPublikSolok) –  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok mengadakan Lomba lari Marathon bertajuk Bareh Solok Run 10 K. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional Ke- 35, Minggu (23/9/2018) pagi.

Lomba ini diikuti oleh 800 orang peserta terdiri dari Kelompok Umum dan Kelompok Pelajar, dibagi putra dan putri, setiap pemenang diambil urutan 10 besar. Lomba Marathon ini turut disponsori oleh Bank Nagari, Bank Mandiri, Bank BRI dan Vivo Smartphone. Menyediakan total hadiah sebesar Rp.70 Juta bagi para pemenang, untuk tahun ini peserta lomba diharuskan memiliki KTP di Kota Solok.

Tepat pukul 08.00 WIB perlombaan Marathon dimulai dari garis start di Sport Hall Tanjung Paku mengitari jalanan utama Kota Solok sejauh 10 kilometer menuju garis finish kembali ke Sport Hall Tanjung Paku. Setelah melahap jarak 10 kilometer, memasuki garis finish para juara lomba pada Kelompok Umum maupun Kelompok Pelajar didominasi oleh atlet sentra binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok.

Juara Pertama Kelompok Umum Putra diraih Rudi Febriade yang juga sebelumnya menoreh prestasi sebagai Juara II di ajang Maybank Bali Marathon 2018 dengan catatan waktu tercepat 24 menit 50 detik.

Ilham Afri Gitano, siswa SMA N 4 Kota Solok berhasil finis kedua dengan waktu 26 menit 14 detik, selanjutnya juga diikuti oleh siswa SMA N 4 Rori Saputra pada posisi ketiga dengan catatat 26 menit 25 detik.

Juara IV sampai X ditempati oleh, Fakhrul Razi, M. Al Hafiz, Ramli, Gavin Rahma Putra, Agung Rahma Putra, Gusri Maulana dan M. Ridho.

Kelompok Putri, Juara Pertama diraih Salsabila, siswi SD 11 Kampung Jawa dengan catatatan waktu 32 menit 35 detik., disusul juara kedua atas nama Futia, siswi SMA N 4 Kota Solok dengan catatan 33 menit 42 detik.  Juara III diraih oleh Diva Rahmi Dilsiana, siswi SMP N 3 Kota Solok mencatatkan waktu 34 menit 12 detik.

Peringkat IV sampai X diraih oleh Anjelina Dwi Putri, Novi Firdayanti, Fitri Wulandari, Aprilia Siska, Aisyah Rahmadhani, Monica Tri Cahya dan Liza Novia.

Masing-masing pemenang berhak atas hadiah  sebesar Rp.4 juta untuk Juara I, Rp.3,5 juta  untuk Juara II, Rp.3 juta bagi Juara III dan diikuti juara IV sampai X sebesar Rp.2,5 juta, Rp.2 juta, Rp.1,5 juta, Rp.1 juta, Rp.1 juta, Rp.900 ribu dan Rp.900 ribu hadiah untuk putra dan putri sama.

Sementara itu, Juara I Kelompok Pelajar Putra diraih Arasi Arzais, A dari SMP N 1, Juara II Stefano Deans dari SMPN 4, Juara III Ega Saputra dari SMA N 1 dan diikuti juara IV sampai X an. M. Raka Siwi, Ilham Fernando, M. Ikhsan, Pandu, Haikal Arfi, Irsyad Maulana dan M. Fauzan N.

Kelompok Putri Juara I diraih Diana dari SMP N 3, Juara II Puja dari SMA 4, Juara III Alwa dari SDN 11 Kampung Jawa dan diikuti juara IV sampai X atas nama Lina, Serli Oktavia, Zakia, Riski, Kezia, Tari dan Anes.

Dengan hadiah untuk putra dan putri sama. Rp.3 juta untuk Juara I, Rp.2,6 juta bagi Juara II, Rp.2,1 juta untuk Juara III dan diikuti juara IV sampai X sebesar RP.1,6 juta, Rp1,2 juta, 1 juta, Rp.900 ribu, Rp.800 ribu dan Rp.750 ribu.

“Kami berharap dengan adanya lomba ini akan menambah jam terbang atlet atletik di Kota Solok khusunya pada nomor 10 kilometer. Selain itu juga dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional Ke- 35. Tetap semangat dan jaga sportivitas,” ujar Sekretaris Daerah Kota Solok, Rusdianto didampingi Kadispora, Dodi Osmond kepada seluruh peserta lomba Marathon menjelang pengibaran bendera start di depan halaman Sport Hall Tanjung Paku, Kompleks Kantor Dispora Kota Solok.

“Lomba ini sangat bagus sekali diadakan sebagai ajang menambah jam terbang bagi atlet atletik Kota Solok. Apalagi ajang Porprov XV di Kabupaten Padang Pariaman 16-27 November 2018 yang semakin dekat, semoga menjadi agenda rutin hendaknya,” kata Anwar dari tim juri sesaat setelah pelepasan lomba. (ep)

Tags: , , , , , ,