Masyarakat Antusias Mengikuti Sosialisasi KIM

Masyarakat Antusias Mengikuti Sosialisasi KIM

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kominfo kembali mengadakan sosialiasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kali ini sosialisasi diadakan di Aula Kantor Lurah Kampung Jawa Kota Solok, pada Rabu (18/3). Masyarakat Kecamatan Tanjung Harapan sebagai peserta sosialisasi terlihat sangat antusias mengikuti sosialisasi yang mengangkat tema pengenalan terhadap Covid-19 dan sensus penduduk online tahun 2020.

Kepala Diskominfo yang diwakili Yon Hasdian selaku Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP), mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi sebagai suatu sumber pengetahuan, dan juga sekaligus meningkatkan kemampuan mengakses informasi dengan mengunakan dan memanfaatkan teknologi komunikasi dimana melalui Pembentukan KIM mengacu dari Peraturan Menteri Kominfo No. 8 Tahun 2010 tentang pengembangan dan pemberdayaan lembaga komunikasi sosial, lembaga komunikasi perdesaan melalui keberadaan KIM.

Sosialisasi pada hari kedua ini dilaksanakan 4 Kelompok Informasi Masyarakat yaitu Kelurahan Kampung Jawa, Nan Balimo, PPA dan Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan dengan jumlah peserta yang membanjiri aula Kantor Lurah Kampung Jawa tersebut.

Dr. Pepy Ledy Soffiany, M.Km Narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Solok ini menjelaskan virus corona sangat cepat menyebar terutama bagi orang yang mempunyai daya tahan tubuh rendah, dan penularan coronavirus atau SARS CoV 2 atau disebut juga Covid-19 saat ini sudah bisa tranmisi dari manusia ke manusia. Penularan ini bisa terjadi melalui droplet saluran napas seperti batuk, dan bersin, (beri jarak 1-1,8 m), kontak dekat personal (menyentuh/jabat tangan), penularan juga dapat terjadi saat menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus disana dan ketika menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan, selanjutnya penularan bisa terjadi melalui kontaminasi Fases.

Dr. Pepi juga menyampaikan cara pencegahan agar tidak tertular Covid-19. “hindari tempat yang ramai dan berdesakan jika tidak terpaksa, gunakan masker dan kacamata, cuci tangan setelah kontak benda dan lingkungan sekitar, hindari menyentuh mulut, hidung dan mata dengan tangan yang belum di bersihkan” pesan Pepi.

Selanjutnya Dr. Pepi juga berpesan kepada masyarakat agar tetap waspada, namun tidak boleh panik. Pada kesempatan ini Narasumber dari Dinas Kesehatan ini juga memuji peserta sosialisasi yang tampak serius dalam mendengarkan materi yang disampaikan.

Pada segmen kedua Kelompok Informasi Masyarakat dari Kecamatan Tanjung Harapan mendapatkan sosialisasi tentang sensus penduduk online tahun 2020. Deni Armelia selaku pemateri memaparkan kepada peserta sosialisasi bagaimana cara mengisi data kependudukan pada situs sensus.bps.go.id. Dalam kesempatan ini narasumber dari BPS juga membagikan doorprize berupa baju dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat kepada beberapa masyarakat yang bisa menjawab beberapa pertanyaan tentang sensus penduduk online.  Momen ini disambut dengan riuh oleh peserta sosialisasi yang inginkan menjawab pertanyaan, pada akhirnya terpilihlah tiga orang peserta sosialisasi yang mendapatkan dooprize dari BPS.(eg)

Tags: , , , , , , ,