Masyarakat Tetap Datangi Disdukcapil Kota Solok Pada Hari Pemilu

Masyarakat Tetap Datangi Disdukcapil Kota Solok Pada Hari Pemilu

Solok, (InfoPublikSolok) – Euforia Pemilu ternyata sangat mempengaruhi semangat masyarakat Kota Solok, pasalnya pada saat sedang dilangsungkannya Pemilu pada 17 April ini, masayarakat masih saja berusaha memperjuangkan hak pilihnya menuju bilik suara di TPS-TPS setempat dengan cara memperoleh bukti fisik identitas diri yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Kota Solok.

Kedatangan mereka ke kantor Disdukcapil dikarenakan berbagai hal terkait dokumen kependudukan, seperti belum merekam data, belum mencetak KTP-el dan belum aktivasi. Mereka mengetahui jam buka layanan dihari pencoblosan ini dari petugas pelayanan pada Disdukcapil yang memberitahukan info ini pada masyarakat yang sebelumnya telah datang ke kantor Dukcapil hari Senin dan Selasa kemarin.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kabid Pelayanan Administrasi Kependudukan Anggia Firmaya Sari yang saat itu ikut mendampingi petugas pelayanan.

“Dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi 17 April 2019 yang bertepatan pada hari ini, jajaran  Dinas Dukcapil Kota Solok melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat, pelayanan yang dibuka yakni kepengurusan dokumen kependudukan khususnya perekaman KTP-el, serta pencetakan KTP-el agar masyarakat yang masih belum memiliki dokumen Kartu Tanda Penduduk bisa mengunakan hak suaranya di TPS-TPS wilayah mereka berdomisili dan masyarakat juga bisa mempergunakan surat keterangan perekaman KTP-el nya untuk mempergunakan hak pilihnya,” terang Anggia.

Semangat masyarakat ini juga disambut baik oleh Dinas Dukcapil yang membuka jam pelayanan hingga pukul 15.00 WIB.

“Masyarakat yang mulai berdatangan sejak pukul 08.30 WIB pagi bisa dikatakan cukup banyak, berhubung hari ini 17 April 2019 merupakan hari libur nasional, yaitu sekitar 25 orang masyarakat yang berdomisili di Kota Solok,” ungkap Anggia.

Kadisdukcapil Kota Solok, Sekretaris, Kabid dan jajaran Kasi yang turut hadir pada hari itu juga ikut mengawasi jalannya pelayanan.

“Layanan helpdesk yang kami laksanakan saat Pemilu ini sejalan dengan komitmen kami yang mengutamakan kepentingan masyarakat dalam kepemilikan dokumen kependudukan sehingga kami harus memposisikan diri menyukseskan Pemilu Serentak. Dan untuk menjaga komitmen ini kami harus selalu meningkatkan kualitas terbaik pelayanan data administrasi kependudukan (Adminduk), dan menjaga kehandalan sistem Adminduk tersebut”  jelas Kadisdukcapil, H. Syaiful A saat ditemui di ruang pelayanan.

“Pelayanan adminduk hari ini cukup banyak meskipun hari libur nasional, untuk aktivasi KTP-el saja berjumlah 19 keping, cetak KTP-el baru 17 keping, KTP-el lama 6 keping dan perekaman sebanyak 6 orang,” kata Bitel Sekretaris Dukcapil menambahkan saat dimintai keterangan tentang jumlah pelayanan pada hari ini.

Komitmen pelayanan terhadap masyarakat oleh Disdukcapil tentunya tidak hanya jelang Pemilu, namun selalu dijaga dan selalu ditingkatkan melalui tantangan dan inovasi yang selaras dengan program Dirjen Dukcapil Kemendagri (am).

Tags: , , , , , , ,