Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Melalui Fitur Live Chat, Permudah Masyarakat Peroleh Informasi Adminduk

Melalui Fitur Live Chat, Permudah Masyarakat Peroleh Informasi Adminduk

Solok, (Info Publik Solok) – Disdukcapil Kota Solok sudah mulai menerapkan fitur live chat pada laman website Disdukcapil Kota Solok. Live chat merupakan sebuah layanan berbasis teknologi yang digunakan untuk memudahkan komunikasi antara dua orang atau lebih dalam satu platform digital. Layanan ini biasa digunakan untuk menjalin komunikasi secara cepat dan praktis tanpa harus menunggu lama untuk mendapatkan balasan.

Fitur live chat pada Disdukcapil dibangun oleh Dinas Kominfo Kota Solok dan dioperasikan pada Disdukcapil Kota Solok oleh 2 (dua) orang operator dengan menginstal aplikasi “tawk to” pada smartphone operator.

“Fitur live chat ini dibangun dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat memperoleh informasi adminduk dalam waktu singkat sesuai kebutuhan masyarakat. Karena banyaknya jenis dokumen kependudukan yang menjadi produk Disdukcapil, bisa jadi membuat masyarakat bingung mencari informasi persyaratan pengurusan, untuk beberapa kasus atas peristiwa kependudukan yang berbeda-beda pada setiap orang”, terang Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Bobby Hertanto.

Agar masyarakat bisa mendapatkan informasi secara cepat dan tepat sasaran, maka dapat memanfaatkan fitur ini dengan cara mengklik logo live chat pada sudut kanan bawah beranda website ketika sedang mengunjungi laman website Dukcapil, kemudian pengunjung akan diminta untuk menginput nama dan alamat email. Tidak hanya itu, pada website Dukcapil juga telah ada fitur baru seperti FAQ yang dapat dicari dengan memasukkan kata kunci, jenis dokumen apa saja yang akan diurus.

Fitur live chat ini dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena berdasarkan perhitungan jumlah kunjungan pada aplikasi “tawk to”, maka terlihat beberapa pengunjung yang mengirim pesan di live chat setiap harinya. Ini artinya, kebanyakan dari pengunjung website, akan memanfaatkan fitur live chat dengan harapan, informasi yang mereka butuhkan, dapat segera diperoleh jawabannya.

Fitur ini dapat dimanfaatkan selama 24 jam, dan apabila operator tidak sempat menjawab pesan masuk, maka jawaban akan dikirim ke email pengunjung. Dengan adanya fitur ini, diharapkan masyarakat tidak akan ragu lagi mengenai pesyaratan ataupun alur layanan dalam mengurus dokumen kependudukan, sehingga capaian kepemilikan dokumen kependudukan akan semakin meningkat. (am)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan