Membangun Ketangguhan Hadapi Bencana di Lingkungan Sekolah

Membangun Ketangguhan Hadapi Bencana di Lingkungan Sekolah

Padang, (InfoPublikSolok) – Daerah Sumatera Barat yang merupakan kawasan rawan bencana, bukan sesuatu yang harus ditakuti, namun harus menjadi pemicu semangat bagi kita untuk tumbuh dan tangguh dalam segala hal.

Potensi bencana gempa bumi, tsunami dan bencana hidrometeologi di Sumbar, merupakan konsekuensi yang tidak bisa dihindari karena pergerakan lempeng di Mentawai (Megathrust Mentawai Fault System) dan Sumatra Fault System (sesar Sumatera). Begitu juga faktor iklim cuaca yang cukup dinamis. Curah hujan yang tinggi dan lebat di musim penghujan, membuat Sumbar sering dilanda banjir, banjir bandang dan longsor. Sementara bila terjadi musim kemarau seberapa daerah terjadi kekeringan.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, pada saat membuka Bimbingan Teknis Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Provinsi Sumatera Barat di Hotel Daima Padang, Selasa (19/3/2019) yang diikuti seluruh stakeholder yang terkait dengan pengurangan risiko bencana terdiri dari BPBD Kota/Kabupaten Sumatera Barat dan Kepala Sekolah SLTA yang ada di Sumatera Barat selama tiga hari (19-21 Maret 2019).

Dari Kota Solok dihadiri oleh BPBD Kota Solok, serta sekolah yang mewakili yaitu SMAN 3 Kota Solok, MAN Kota Solok dan SMA Muhammadyah Kota Solok.

Lebih lanjut Wagub menyampaikan, dampak bencana meliputi semua aspek kehidupan manusia baik moril maupun materil. Termasuk sarana pendidikan, sehingga proses belajar mengajar juga terganggu dan menimbulkan korban jiwa terhadap peserta didik. Kejadian ini menyadarkan kita betapa pentingnya penerapan satuan pendidikan aman bencana.

Kota Solok merupakan salah satu Kota di Sumatera Barat yang berdampak resiko bencana. Untuk itu perlu penerapan satuan pendidikan aman bencana melalui tiga pilar yaitu, pertama aspek bangunan dan fasilitas sekolah, kedua aspek manajemen bencana di sekolah dan ketiga aspek pendidikan pengurang resiko bencana (PRB) di sekolah. (aw)

Tags: , , , , ,