Membersihkan Lingkungan Sekitar Berantas Sarang Nyamuk Penular DBD

Membersihkan Lingkungan Sekitar Berantas Sarang Nyamuk Penular DBD

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam upaya mencegah serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang kerap terjadi setiap datangnya musim penghujan, Dinas Kesehatan Kota Solok didampingi pihak kelurahan melakukan penyemprotan menggunakan desinfektan dan pengasapan dengan mesin fogging du permukiman warga juga RW 03 Kelurahan Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah, Rabu (3/7).

Kasi Kesra Simpang Rumbio, Khairul Rabu, (03/07/2022) mendampingi Dinas Kesehatan dalam melaksanakan kegiatan pengasapan untuk mencegah serangan DBD dihadiri juga oleh Linmas setempat.

“Pencegahan penyakit berbahaya itu perlu dilaksanakan, apalagi sekarang ini sedang ada peningkatan serangan DBD di lingkungan rumah warga, bahkan kasus DBD sudah terjadi di RT 002/ RW 03 satu orang dan RT 003/ RW 03 ada dua orang,” kata Khairul.

Dijelaskannya, meski sebelumnya di Kelurahan Simpang Rumbio sudah dilakukan fogging pencegahan DBD di RT 001 RW 05 tapi masih ada warga kami yang terkena DBD, tapi pencegahan dan antisipasi terus kami lakukan, salah satunya dengan melakukan pengasapan untuk membunuh nyamuk penular DBD.

“Selain melakukan pencegahan serangan DBD dengan menggunakan mesin fogging, pihaknya juga menggerakkan warga bersih-bersih lingkungan,” sambung Khairul.

Ia berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan, dan rutin melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk setiap hari dengan kesadaran tanpa ada paksaan.

“Pengasapan yang kita lakukan hanya membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentik nyamuknya tidak, jadi untuk membunuh jentik nyamuk masyarakat harus membersihkan lingkungan sekitar terutama yang biasa menjadi sarang nyamuk,” tandasnya. (amf)

Tags: ,