Menteri Johnny Apresiasi Krandegan dan Kemuning Jadi Role Model Desa Digital

Menteri Johnny Apresiasi Krandegan dan Kemuning Jadi Role Model Desa Digital

Surakarta, (InfoPublikSolok) – Keberadaan akses internet di Desa Krandegan yang berada di Kec. Bayan, Kab. Purworejo dan Desa Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah dapat mendorong warga untuk melakukan terobosan baru dalam berinovasi. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi insiatif itu sekaligus menegaskan kecerdasan desa untuk digital pemerintahan, digital ekonomi, digital kesehatan, digital lingkungan hidup, digital pertanian dan berbagai aplikasi-aplikasi lainnya harus menjadi contoh untuk 83.218 desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. 

“Bapak Presiden telah menyampaikan bahwa pemerintah membangun infrastruktur secara nasional besar-besaran di wilayah 3T, juga untuk wilayah-wilayah yang komersial yang dilakukan pembangunannya oleh operator seluler dan hari ini secara khusus saya menyaksikan bagaimana program desa cerdas itu bisa terwijud dan kita mampu mewujudkannya yang dilakukan oleh Pak Kades Kemuning Karanganyar dan Pak Kades Krandegan Purworejo,” ujarnya saat berbincang dengan Kades Krandegan dan Kemuning melalui video conference, di Auditorium Sarsito Mangunkusumo RRI Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (01/04/2021).

Menkominfo menyatakan, kehadiran infrastruktur telekomunikasi di desa menunjukkan Indonesia sebagai bangsa mampu untuk memanfaatkan ruang digital untuk kepentingan tidak saja ekonomi, tetapi di semua aspek kehidupan termasuk kehidupan sosial kemasyarakatan, kehidupan keagamaan. Oleh karena itu, Menteri Johnny mengajak masyarakat untuk memanfaatkan akses internet guna memperluas kekerabatan, membangun solidaritas sesama umat manusia. 

“Desa Krandegan dan Desa Kemuning Kemuning sudah membuktikan kita bisa dan kedua desa ini menjadi role model untuk kita wartakan, kita sebarkan, kita sampaikan ke seluruh Indonesia bahwa kita mampu dan bisa untuk menggunakan ruang digital bagi kepentingan kemaslahatan masyarakat. Mari kita bangun ruang digital untuk kepentingan pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup yang sudah tersedia,” ajaknya.

Dalam perbincangan, Menkominfo mengungkapkan kegembiraan hatinya karena dapat menyaksikan hasil kerja warga desa sebagai bangsa secara khusus di Jawa Tengah, di bawah leadership Gubernur Ganjar Pranowo, yang bisa mendorong transformasi digital.

“Tetapi, kita tidak saja membangun infrastruktur di Hulu. Kita sebagai bangsa harus bisa memanfaatkan ruang digitalnya, hilirnya. Dan apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Kemuning Karanganyar dan Krandegan Purworejo, ini menunjukkan sebagai contoh kesuksesan Indonesia untuk membangun desa cerdas. Terima kasih Bapak Bupati, Bapak Walikota, yang dengan penuh semangat mengantar masyarakat di Desa Krandegan dan Desa Kemuning telah melakukan hal luar biasa untuk masuk ke era digital. Ini harus menjadi panutan dan contoh bagi desa dan kelurahan lainnya di Indonesia,” paparnya.

Menteri Johnny menyatakan wujud nyata dari pemanfataan akses internet itu dapat terlihat melalui kehadiran aplikasi yang memberikan kemudahan pelayanan bagi masayarakat. 

“Kementerian Kominfo berkomitmen untuk menyelesaikan penggelaran infrastruktur TIK di seluruh Indonesia. Bentuk komitmen itu diwujudkan dengan menyediakan konektivitas digital untuk menghubungkan titik-titik akses jaringan yang belum terkoneksi,” tandasnya.

Menkominfo menegaskan pemerataan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang berkualitas dilakukan dengan cara membangun jaringan backbone,midlle-mile, dan last-mile.

“Untuk mengatasi disparitas internetifikasi antarwilayah, Kominfo mengambil peran dengan membangun infrasrtuktur telekomunikasi melalui penyebaran kabel serat optik pita lebar yang tersebar sepanjang 348.442 kilometer di seluruh negeri,” jelasnya. 

Di bagian akhir penjelasan, Menteri Johnny mengatakan akan menyampaikan hasil dari pertemuan ini kepada Menteri Desa Abdul Halim Iskandar bahwa Indonesia mampu menjadi bangsa digital. Tak lupa, ia juga mengingatkan untuk jangan lupa jaga kesehatan dan selalu semangat, terus berinovasi, tetap patuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan pola hidup sehat melalui 3M: menjaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan secara teratur dan mari bersama mengajak masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19

 

Sumber: www.kominfo.go.id.

Tags: , , , , , , ,