Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

26 Mei 2024

Menuju Kota Literasi, DPK Kota Solok Lakukan Sharing Informasi ke DPK Kota Lubuklinggau

Menuju Kota Literasi, DPK Kota Solok Lakukan Sharing Informasi  ke DPK Kota Lubuklinggau

Lubuklinggau, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka meningkatkan budaya baca menuju Kota Literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok melakukan sharing informasi ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Lubuklinggau Propinsi Sumatera Selatan, Jum’at (30/7/2019).

Rombongan terdiri dari Suhartinah, Sekretaris DPK Kota Solok, didampingi Williarti Kasubag Umum dan Kepegawaian, Murniati Kasubag Program dan Keuangan, Khairul, dan Musinar Fungsional Umum pada DPK Kota Solok.

Kunjungan tersebut diterima oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Lubuklinggau Herdiansyah. Dihadapan para tamu peserta sharing informasi, Herdiansyah menceritakan awal mula berdirinya perpustakaan Kota Lubuklinggau.

“Dengan bermodalkan keberanian, saat ini perpustakaan kami telah memiliki fasilitas ruang membaca yang nyaman dan sangat strategis. Juga ada pelatihan komputer untuk masyarakat secara gratis, fasilitas edukasi, taman baca anak, mobil perpustakaan keliling untuk menjangkau sekolah dengan jarak tempuh cukup jauh, bahkan saat ini perpustakaan telah menjadi percontohan perpustakaan lain”, paparnya.

Herdiansyah juga menceritakan proses pengadaan sarana dan prasarana dimiliki saat ini, disamping pengadaan melalui pembiayaan APBD, juga pengadaan hasil kerjasama dengan pihak swasta. “Kalau kita hanya berharap kepada pembiayaan APBD sangat sulit untuk mengembangkan perpustakaan, makanya kami terus berusaha mengandeng pihak swasta”, ungkap Herdiansyah.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Suhartinah, mengatakan kedatangan kami ke Lubuklinggau ini bertujuan untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya agar kami bisa mewujudkan Kota Solok, Kota Literasi.

Informasi yang didapat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau ini nantinya akan diterapkan di daerah kami, guna memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kota Solok melalui peningkatan kemampuan literasi, yang pada akhirnya mampu mendorong kreatifitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi, tambah Suhartinah.

Di akhir kegiatan Suhartinah menyerahkan cendra mata berupa plakat dan majalah Kota Solok kepada Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklingau. (kd)

Tags: , , , , , , , , , , ,

No Responses

Comments are closed.