Menuju Solok Kota Beras Serambi Madinah, Pemko Seleksi 1000 Hafizh

Menuju Solok Kota Beras Serambi Madinah, Pemko Seleksi 1000 Hafizh

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Wali Kota Solok Reinier, secara resmi membuka kegiatan seleksi 1000 Hafizh Kota Solok, bertempat di Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok, Senin (18/11). Tampak hadir, Kakan Kemenag Kota Solok Alizar, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Solok Heppy Dharmawan, para kepala OPD di lingkup Pemko Solok, Camat, Kepala Pondok Pesantren, Madrasah, MDTA serta para Hafizh dan Hafizhah yang akan mengikuti seleksi.

Kabag Kesra Setda Kota Solok, Heppy Dharmawan melaporkan bahwa tujuan digelarnya Kegiatan Seleksi 1000 Hafizh Kota Solok ini adalah selain sebagai syi’ar Islam, juga bertujuan untuk upaya nyata Pemerintah Kota Solok dalam rangka memperkuat karakter dan identitas Kota Solok selaku Kota Beras Serambi Madinah di bidang membaca dan menghafal Qur’an. Selanjutnya, sebagai media untuk meningkatkan motivasi warga kota terutama generasi muda dalam menghafal Al-Qur’an mulai dari 1 juz sampai 30 juz. Untuk menumbuhkan semangat kompetitif yang sehat diantara para hafizh dan hafizhah untuk lolos seleksi menuju wisuda 1000 Hafizh Kota Solok pada Bulan Desember 2019.

” Sebagai indikator data hafizh dan hafizhah di Kota Solok dalam rangka persiapan menuju Kota Beras Serambi Madinah, serta sebagai upaya Pemerintah dalam memberikan perhatian dan Apresiasi terhadap warga Kota Solok yang telah memiliki hafalan Quran, ” sampai Kabag.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kota Solok Alizar menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Pemko Solok yang telah berhasil mengangkat kegiatan yang sangat bermakna sekali.

” Pemko telah proaktif melaksanakan kegiatan ini, kami dari Kemenag merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Dengan gelaran ini, Solok Kota Beras Serambi Madinah akan semakin nyata terwujud. Bulan sabit telah hadir di Kota Solok, tinggal menunggu datangnya bulan purnama,” sebut Alizar

Seleksi 1000 Hafizh ini merupakan salah satu kegiatan yang digagas Pemko Solok dalam rangka mengimplementasikan jargon Solok Kota Beras Serambi Madinah. Seleksi ini, tidak hanya sekedar seleksi belaka, namun merupakan sebuah keinginan dari Pemko Solok dalam memberikan penghargaan kepada seluruh kepala pondok, madrasah, MDTA yang telah membina anak-anak kita selama ini, sehingga telah bisa menjadi Hafizh dan Hafizah. Seleksi 1000 Hafizh ini merupakan dasar bagi anak-anak supaya lebih lancar lagi menghafal Al-qur’an, sehingga dapat menjadi generasi penerus yang kita harapkan kelak sudah besar nanti.

” Kita tentu berharap, kegiatan ini menjadi suatu penambah motivasi bagi kita semua, tidak hanya anak-anak, namun juga pembimbing dan orang tua. Salah satu fungsinya, untuk menyambung amanah bagi kita semua dalam menyiapkan generasi muda Kota Solok menjadi generasi beriman dan berakhlak, serta siap menjadi pengganti kita nantinya,” ujar Reinier saat membuka acara.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 18 s.d. 21, Peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini berjumlah 1.118 Hafizh dan Hafizhah, sampai saat ini pendaftaran masih terus dibuka dan diperkirakan jumlah peserta akan mencapai 1200 orang.

Adapun peserta yang mendaftar, dengan umur tertua berusia 68 Tahun, serta termuda berusia 6 Tahun. Peserta itu berasal dari seluruh SD Negeri se-Kota Solok, MIN Kota Solok, SMP 1 Kota Solok, SMA 1 Kota Solok, MTsN Kota Solok, MAN Kota Solok, SD IT Iqra, SD IT Golden, SD IT As-Sa’diyah, SMP IT AR-Risalah, SMP AL Madinah, MTs Muhammadiyah Al Mumtaz, SMP IT Iqra’, SMP IT Rois. Selanjutnya, SMP Fathih Ar-Rasyid, SMP ICBS, Ponpes Waratsatul Anbiya’, Ponpes Serambi Mekkah, Ponpes Darul Ilmi Singkarak, SMA Al Mumtaz, SMA IT ICBS, UIN Imam Bonjol Padang, UNP, serta dari umum.

Dewan Hakim ataupun penguji berasal dari tingkat Provinsi berjumlah 2 orang serta dari Kota sebanyak 5 orang. Peserta yang lolos seleksi, akan mendapat kesempatan untuk mengikuti prosesi Wisuda 1000 Hafizh Kota Solok, mendapatkan uang tunai yang disesuaikan dengan jumlah hapalan, serta mendapatkan Kartu Identitas Penghapal Alqur’an yang disebut kartu HAFALAH (Hafizh Alqur’an Serambi Madinah) yang berfungsi sebagai kartu khusus untuk diskon belanja di minimarket, restoran, toko buku, dan lainnya. (dn).

Tags: , , , ,