Menyambut Visit Solok 2020, Dinas Pariwisata Gelar Forum OPD

Menyambut Visit Solok 2020, Dinas Pariwisata Gelar Forum OPD

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka merumuskan rencana pengembangan pembangunan serta dalam rangka penyusunan RKPD (Renjana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Solok, Dinas Pariwisata laksanakan Forum OPD pada Rabu (20/3/2019) bertempat di Gedung Kesenian Kota Solok.

Kegiatan Forum OPD Dinas Pariwisata ini dihadiri oleh Wakil Walikota Solok, Reinier, Ketua LKAAM, Kepala OPD yang terkait, Camat, Lurah, fasilitator dari kecamatan dan kelurahan, Asosiasi yang bergerak di bidang industri pariwisata, komunitas-komunitas ekonomi kreatif, Pengurus Sanggar Seni, Panggung Pidato Adat, Sasaran Silek dan stakeholder terkait.

Dalam laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kabid Pengelolaan Obyek Wisata, Drs. Indra Febrianto menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menyelaraskan rancangan program dan kegiatan dengan hasil musrenbang kelurahan dan kecamatan dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah khususnya Dinas Pariwisata.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pariwisata Hj. Elvy Basri, SE. MM dalam paparannya menyampaikan, Dinas Pariwisata Kota Solok untuk tahun 2020 akan menitik beratkan pembangunan dan pengembangan destinasi wisata diantaranya Pulau belibis, Sarasah Batimpo dan Agrowisata Payo. Selain itu juga akan dilaksanakan upaya peningkatan standar dan sertifikasi usaha industri pariwisata serta pelaksanaan event-event budaya dalam upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

Pada Kesempatan itu, Wakil Walikota, Reinier, dalam arahannya mengatakan, Pemerintah senantiasa berkomitmen untuk membuat masyarakat sejahtera, salah satunya melalui pembangunan Pariwisata. “Kita berharap ekonomi kerakyatan dapat bergerak lebih baik lagi,” kata Wawako.  

Wawako juga menekankan agar dibuat program-program yang jelas dan tidak mubazir demi tercapainya tujuan Pemerintah khususnya di Bidang Pariwisata. “Tentukan apa yang menjadi program prioritas di bidang pariwisata dalam rangka menyambut Visit Solok 2020,” tandas Wawako.

Kepala Bappeda Kota Solok juga menyampaikan agar kegiatan forum OPD ini menjadi dasar dalam upaya pencapaian program Dinas Pariwisata. Penurunan anggaran berdasarkan pagu indikatif untuk Dinas pariwisata diharapkan tidak jadi penghambat dalam pencapaian Program Pemerintah Visit Solok 2020. Melalui kegiatan ini diharapkan Dinas Pariwisata dapat menyusun program dengan tapat dan terarah.

Dukungan dan masukan dari pelaku pariwisata yang disampaikan dalam kegiatan ini juga dapat dijadikan bahan pertimbangan serta dapat memjadi dasar untuk perbaikan Pariwisata pada masa yang akan datang. (sn)

Tags: , , , , , , , , , , ,