Miliki Bumi Perkemahan Baru, Satgas Pramuka Peduli Kota Solok Adakan Giat

Miliki Bumi Perkemahan Baru, Satgas Pramuka Peduli Kota Solok Adakan Giat

Solok, (InfoPublikSolok) – Satuan Tugas (satgas) Pramuka Peduli Kota Solok adakan kegiatan pelatihan bersama Unit Pramuka Peduli, bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Pramuka Pincuran Tujuah Tanah Garam Kota Solok selama dua hari (25-26 September 2021).

Pelatihan Pramuka Peduli ini bertujuan untuk mengembangkan potensi Pramuka, baik sebagai pribadi, kelompok maupun organisasi.

“Pelatihan ini merupakan upaya pengembangan sumber daya manusia, penanggulangan bencana dan pelestarian lingkungan hidup yang diselenggarakan bersama masyarakat, pemerintah serta lembaga swadaya dan organisasi masyarakat lainnya,” jelas Kak Indra Febrianto dalam laporannya selaku Ketua pelaksana kegiatan.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Ketua Harian Kwarcab, Kak Wadirman, Sabtu (25/9). Dengan diadakannya pelatihan ini, Kak Wardiman berharap agar dapat menjadi penyemangat serta meningkatkan bakti Pramuka terhadap masyarakat.

“Kakak-kakak dan adik-adik mendapat pembekalan dari pemateri agar dapat mengikuti dengan baik selama pelatihan Pramuka Peduli ini, walaupun hanya dua hari ini, kegiatan terlaksana dengan baik hendaknya,” ucap Kak Wadirman.

Lokasi pelatihan Pramuka Peduli saat ini, merupakan lokasi milik Pemerintah Daerah Kota Solok yang akan dipergunakan oleh Kwarcab untuk Bumi Perkemahan ke depannya, ini merupakan kegiatan perkemahan perdana Pramuka pada bumi perkemahan yang berlokasi di Pincuran Tujuah Kelurahan Tanah Garam.

Pada malam pertama di lokasi bumi perkemahan baru itu, hadir Ketua Kwarcab Kak Ramadhani Kirana Putra yang juga Wakil Walikota Solok bersama rombongan kakak-kakak andalan dan korp pelatih.

Dalam kesempatan pertemuan bersama Satgas Pramuka Peduli, Ketua Kwarcab menyampaikan dalam situasi Pandemi saat ini dengan segala kekurangan, keterbatasan dari sisi kesempatan dan waktu, namun dengan semangat kebersamaan yang dimiliki insan Pramuka Kota Solok akan menjadi modal besar dalam membangun Pramuka Kota Solok lebih baik kiprahnya ke depan.

“Hari ini kita bertemu dengan Satgas Pramuka Peduli, namun di momentum berikutnya tentu kita perlu perluasan pergerakan Pramuka Peduli dalam semangat kita membantu masyarakat dalam aksi sosial dan kebencanaan,” tutur Ketua Kwarcab.

Lebih lanjut, Ramadhani mengingatkan jajaran pengurus Pramuka Peduli terkait perlunya menyiapkan kader-kader yang lebih tangguh yaitu dengan malakukan perekrutan anggota.

“Karena sudah ada permintaan dan minat pada waktu pertemuan dengan Pramuka Penegak Pandega beberapa hari lalu, untuk kita harus menjadi luar biasa di mata masyarakat sesuai dengan AD/ART, kita laksanakan dengan ikhlas semoga ini menjadi amal jariah bagi kita semua,” pungkas Kak Ramadhani. (js/re)

Tags: , ,