Monev BAZNAS,  Kemenag  Pastikan Pengelolaannya Tepat Sasaran

Monev BAZNAS,  Kemenag  Pastikan Pengelolaannya Tepat Sasaran

Solok, (InfoPublikSolok) –  Kantor Kementerian Agama Kota Solok   melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam  melaksanakan monitoring  dan evaluasi kinerja   Badan Amil Zakat Nasional  (BAZNAS) Kota Solok, yang bertempat di Simpang Rumbio Kota Solok, Rabu  (11/09).

Kedatangan Tim Monev yang dipimpin oleh H. Afrizen  disambut oleh  Ketua BAZNAS Kota Solok  AKBP (PURN) H. Zaini, SH. Dalam arahannya  Arizen mengatakan  bahwa  kedatangan  Tim Monev   untuk  mendukung keberadaan  BAZNAS,   dimana  ASN  dan masyarakat  se Kota Solok  salurkan zakatnya,  dengan  adanya  BAZNAS  yang resmi dapat meringan  dan mensejahterakan masyarakat Kota  Solok yang kurang mampu.

Afrizen menambahkan, monev dilakukan untuk pelaksanaan   pelayanan, bimbingan, pembinaan, dan pengelolaan sistem informasi di bidang zakat  berdasarkan kebijakan teknis oleh Kementerian Agama, kedepan terhadap penyaluran dilakukan audit yang berpola syariah dengan melibat Pemko Kota Solok  sebagai bentuk evaluasi  dalam pengelolaannya.

“Agar pengelolaan tepat sasaran, kedepan dibentuk Tim Audit yang berpola syariah yang melibatkan Pemko  dan kemenag Kota Solok, “ ujar Afrizen.

Sementara itu Ketua BAZNAS  H. Zaini  menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan koordinasi yang dilakukan Kemenag semoga kedepannya bisa saling membantu dalam upaya optimalisasi penyadaran zakat sesuai domainnya masing-masing.

Zaini menjelaskan bahwa  BAZNAS  untuk tahun 2019 ini ditargetkan zakat terkumpul  mencapai 4 Milyar  dari  2178 muzzaki  di  Kota Solok,  selama ini zakat yang terkumpul 90 % telah membantu  masyarakat kurang mampu.   Terdata  pada tahun 2018 BAZNAS   telah menyalurkan bantuan   sebanyak  1848 Kepala  Keluarga se Kota Solok.

Saat ini  menurut Zaini  BAZNAS memiliki 5 program; pertama,   Solok  Sehat  yang membantu meringankan biaya masyarakat kurang mampu meski sudah mendapatkan BPJS;  kedua,  Solok Peduli membantu masyarakat yang   ditimpa bencana seperti  kebakaran ; ketiga, Solok Sejahtera,  membantu  70 orang masyarakat kurang mampu yang tergolong  lansia dan fakir,  dan diperuntukkan juga untuk  Konsumtif  identil  serta modal usaha ; keempat,  Solok Cerdas  bantuan  dalam  pendidikan  bagi yang  baru masuk sekolah tingkat SD, SLTP, SLTA  dan Perguruan Tinggi  serta membantu penyelesaian kuliah serta  bagi  siswa  kurang mampu namun memiliki prestasi ;  kelima,  Solok Taqwa  bantuan berupa asuransi  kepada   125 penyuluh agama  se Kota Solok dengan  BPJS  Solok.

Diakhir monev, Zaini ucapkan terima kasih kepada  muzzaki, yang telah berzakat sehingga masyarakat  di Kota Solok yang kurang mampu  dapat terbantu, saat ini BAZNAS  Kota Solok mulai tahun 2019 dalam pengelolaannya telah memakai Aplikasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (Simba). Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah penginputan data muzakki.

Zaini  menambahkan, pihaknya   telah memiliki tenaga profesional penyuluh dan pengumpul zakat siap menghadapi penerimaan. “Penyuluh dan pengumpul zakat kami siap menjemput zakat serta bersedia memberikan konsultasi tentang zakat kepada setiap muzakki,” ujar Zaini  dan menyebut zakat adalah solusi yang tepat untuk menurunkan angka kemiskinan. (hd)

Tags: , , , , , , ,