Monitoring Pemondokan Kafilah MTQ di Kelurahan PPA

Monitoring Pemondokan Kafilah MTQ di Kelurahan PPA

Solok, (InfoPublikSolok) – Lurah Pasar Pandan Airmati (PPA), Kecamatan Tanjung Harapan, Gusnifa Iryanti, S.Sn, M.Si bersama staf melakukan monitoring ke pemondokan kafilah MTQ di Kelurahan PPA, Selasa (18/6) pagi.

Monitoring lapangan dilakukan di salah satu home stay lokasi pemondakan kafilah Kota Padang Panjang yang berlokasi di RT. 001 RW. 001 tepatnya di samping rumah Ketua RT 001 RW 001 Pasar Pandan Airmati.

Lurah PPA bertemu langsung dengan pendamping, para kafilah dan tim medis Kota Padang Panjang. Pada saat berbincang, Lurah PPA menanyakan masalah konsumsi selama pemondokan berlangsung dan keadaan sekitar lingkungan pemondokan.

“Alhamdulillah, setelah berkoordinasi dengan bundo kanduang kecamatan, Kami telah menyiapkan menu makanan yang cukup baik sesuai selera, karena makanannya sesuai dengan apa yang diminta oleh para kafilah,” ungkap Lurah yang akrab disapa Efa ini.

Lebih lanjut, salah seorang pendamping kafilah Kota Padang Panjang merasa cukup aman dan nyaman dengan fasilitas dan pelayanan pemondokan yang disediakan panitia, walaupun sebelumnya pada hari kedatangan sehari menjelang pembukaan MTQ, Jumat (14/6) di dekat Masjid Syura Pandan, mobil salah satu pendamping Kota Padang Panjang yang terparkir mengalami musibah, yaitu kaca mobil pendamping dipecahkan oleh pencuri yang mau mengambil barang yang ada di atas mobil seperti Laptop, uang dan lainnya.

“Untung saja ada warga yang melihat aksi pencuri, dan si pencuri tidak jadi membawa barang tersebut karena telah melarikan diri,” ungkap salah seorang personil tim medis Kota Padang Panjang.

Terkait kejadian tersebut, Lurah PPA beserta dua orang staf yang mendampingi meminta maaf dengan ketidaknyamanan yang telah menimpa kafilah Kota Padang Panjang dan menegaskan akan meningkatkan Siskamling di wilayahnya khususnya selama perhelatan MTQ ini dengan meningkatkan kerjasama dengan Bhabinkantibmas, Babinsa, Ketua Pemuda Kelurahan PPA, Satlinmas dan seluruh warga untuk antisipasi kejadian kriminal tersebut tidak berulang.

Pada kesempatan itu, Lurah PPA bersama staf juga langsung memantau dapur tempat pembuatan makanan para kafilah untuk memastikan kebutuhan konsumsi kafilah di pemondokan tepat waktu.

Selepas dari pemondokan, Lurah PPA melanjutkan perjalanan ke Masjid Besar Syura Pandan, tempat para khafilah berlomba pada cabang Tafsir Bahasa Arab dan Tahfidz 30 Juz Tilawah.

Pada saat berada di dalam Masjid, Lurah PPA bertemu dengan pengurus Masjid, Bundo Kandung dari Kecamatan Tanjung Harapan bersama menyaksikan penampilan para kafilah berlomba menjadi yang terbaik di Sumatera Barat. (vp)

Tags: , , , ,