MPK SMA Negeri 3 Solok Periode 2019-2020 Dilantik

MPK SMA Negeri 3 Solok Periode 2019-2020 Dilantik

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala SMA Negeri 3 Solok, Eli Irmanita melantik ketua beserta anggota Majelis Perwakilan Kelas (MPK) Periode 2019-2020 usai pelaksanaan Upacara Bendera di lapangan SMA Negeri 3 Solok, Senin (7/10/19).

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Wakil-wakil Kepala Sekolah, para majelis guru, pegawai tata usaha sekolah, dan seluruh siswa/i SMA Negeri 3 Kota Solok. Zulfahri Arifandi, siswa Kelas XI. IPA.2 dilantik sebagai Ketua MPK SMA Negeri 3 Solok untuk Periode 2019-2020.

Kepala SMA Negeri 3 Solok, dalam amanatnya berpesan agar Ketua beserta anggota MPK terpilih agar dapat bekerja dengan sebaiknya dan dapat meneruskan tongkat estapet kepengurusan MPK. “Ketua beserta anggota MPK diharapkan dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, sebagai penerus amanat atau aspirasi para siswa di SMA Negeri 3 Solok,” harap Eli.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Juni Efi Candra usai pelantikan menjelaskan, MPK yang merupakan suatu organisasi di sekolah yang bertugas mengawasi kinerja OSIS dalam menjalankan tugas-tugasnya selama masa jabatannya berlangsung. “MPK termasuk bagian dalam struktur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bersama-sama dengan Majelis Pembina OSIS (MPO), dan Pengurus OSIS, yang juga merupakan mitra kerja pengurus OSIS dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Juni.

Lebihlanjut Juni menjelaskan, MPK juga bertugas memantau, mengawasi dan membantu tugas-tugas dari OSIS. Selain itu banyak sekali tugas-tugas penting yang diemban MPK, mulai dari pemilihan sampai laporan akhir OSIS. Jika ada OSIS yang bermasalah dengan organisasi dan tidak konsisten dengan pekerjaannya, maka MPK wajib membantu dan berhak untuk menegur maupun mengeluarkannya dari organisasi (OSIS).

MPK di sekolah dibentuk berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 239/C/KEP/N/81 tanggal 18 Agustus 1981, mempertanggungjawabkan segala tugasnya kepada Kepala Sekolah selaku ketua pembina, juga bersama-sama pengurus menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), serta menilai laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS pada akhir jabatannya dan mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program program kerja OSIS. (dp)

Tags: , , , , , , , , ,