MTQ Sumbar ke-39 Dibuka Secara Resmi oleh Dirjen Bimas Islam

MTQ Sumbar ke-39 Dibuka Secara Resmi oleh Dirjen Bimas Islam

Padang Panjang, (InfoPublikSolok) – Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-39 tingkat Sumatra Barat ditabuh. Helat dua tahunan ini dibuka Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Kamarudin Amin, Sabtu (13/11) malam di GOR Khatib Sulaiman Bancah Laweh, Kota Padang Panjang.

Dirjen yang mewakili Menteri Agama mengatakan Alqur’an merupakan pedoman, konsep, serta aturan hidup bagi manusia yang di dalamnya mengatur bagaimana hubungan makhluk dengan pencipta-Nya.

Penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-39 diharapkan mampu membentuk manusia menjadi manusia yang berkualitas, yaitu manusia yang berprilaku, bekerja, dan bermasyarakat senantiasa condong kepada jalan yang lurus, mampu mendekatkan masyarakat dengan Al Qur’an dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai isi kitab suci ini,” harap Kamaruddin.

“Sumbar terkenal dengan adat dan budayanya yang kental dengan nuansa islami, semoga dengan kegiatan MTQ ke 39 ini, semakin meningkatkan keimanan kita dan semakin mencintai alquran sebagai landasan hidup,” ujarnya.

Ia berharap MTQ tak sebatas seremonial belaka, namun bisa meningkatkan kualitas manusia dengan akhlak Qur’ani. Tidak hanya berbuat baik, tetapi mampu mentransfer sekaligus menjadi pelopor bagi sekitarnya untuk menjadi agen kebaikan.

Tak lupa Kamaruddin mengingatkan bahwa proses penyelenggaraan MTQ ini, Indonesia belum sepenuhnya keluar dari ancaman penularan Covid-19. Meskipun angka penularannya sudah semakin menurun namun hendaknya tidak membuat kewaspadaan menjadi lengah.

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh kafilah, peserta, panitia, panitera dan seluruh masyarakat untuk selalu berkomitmen dan memiliki disiplin yang tinggi dalam menerapkan protokol Kesehatan di semua lini, sehingga penyelenggaraan MTQ dapat berjalan lancar, tertib, dan sukses,” pesannya.

Terakhir Dirjen Bimas Islam menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada panitia pelaksana, masyarakat Kota Padang Panjang khususnya dan warga Provinsi Sumatera Barat pada umumnya, yang penuh dengan keramahan dan kesantunannya menerima seluruh kafilah untuk dapat bersilaturahmi dan berkompetisi dalam perhelatan akbar MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Hadir dalam acara pembukaan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur Audi Joinaldy dan Kakanwil Kemenag Sumbar H. Helmi bersama seluruh jajarannya se-Sumatra Barat.

Mengangkat tema: Dengan MTQ kita wujudkan masyarakat Sumatera Barat yang qur’ani Bermarwah dan bermartabat, MTQ ini akan berlangsung sejak tanggal 12 hingga 19 November mendatang.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran ke-39 ini diikuti 1.159 peserta yang akan berlomba pada 13 cabang 33 golongan di 18 lokasi lomba. Kegiatan pembukaan juga diwarnai dengan defile kafilah 19 kabupaten kota.

Masing-masing kabupaten/kota membawa utusan sebanyak 25 orang dan dua orang menggunakan pakaian adat dari daerah. Setiap kafilah diiringi perwakilan Paskibra Kota Padang Panjang, dengan membawa papan nama kabupaten/kota.

Para kafilah mendapat sambutan hangat dan semangat dari masing-masing kepala daerah yang hadir saat acara pembukaan. Juga diiringi penampilan dari Ranah Art Orchestra sebagai pengiring suara, tari kolosal, mars dan hymne MTQ.

Defile diawali oleh tuan rumah Kota Padang Panjang dan diakhiri Juara Umum MTQ XXXVIII-2019, yaitu Kabupaten Tanah Datar. (Shan)

Tags: , , ,