MTQ Sumbar ke-39: Kota Padang Juara Umum, Kota Solok Peringkat 10

MTQ Sumbar ke-39: Kota Padang Juara Umum, Kota Solok Peringkat 10

Padang Panjang, (InfoPublikSolok) – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-39 tingkat Sumatera Barat di Kota Padang Panjang berakhir, Jumat (19/11/2021) dengan tampilnya Kafilah Kota Padang sebagai juara umum.

Dari Pengumuman yang dibacakan Koordinator Dewan Hakim, H. Subhan Lubis bersama Sekretaris Dewan Hakim, H. Yusran Lubis dan Al Fajri sebelum ditutupnya helat akbar tersebut oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy diputuskan bahwa Kota Padang berhasil menempati posisi pertama pada MTQ ke-39 kali ini dengan jumlah poin sebanyak 103.

Disusul posisi kedua Kabupaten Tanah datar, sebanyak 62 poin dan posisi ketiga Kota Pariaman, sebanyak 59 poin. Sementara untuk posisi keempat Kabupaten Pasaman dan kelima Kabupaten Agam. Tuan rumah Padang Panjang sendiri berhasil memperbaiki posisinya pada MTQ kali ini dengan menempati posisi ketujuh dengan total poin 45 dari posisi 18 pada MTQ sebelumnya.

Sedangkan kafilah Kota Solok tidak dapat mempertahankan prestasi, bila dibandingkan MTQ Tingkat Sumbar ke-38 sebagai tuan rumah mampu menembus posisi lima, pada MTQ Nasional ke-39 tahun 2021 menduduki peringkat 10 bersama Kota Payakumbuh dengan perolehan poin sebanyak 25.

“Alhamdulillah, para kafilah kita sudah berjuang maksimal menampilkan yang terbaik, namun kafiah daerah lain lebih baik lagi persiapannya,” ujar Heppy Darmawan, Kabag Kesra Setdako Solok.

Kota Solok hanya meloloskan 9 wakilnya dari 35 nomor final, namun yang sangat membanggakan pada cabang Tilawah Dewasa Putra yang digelar di Mimbar Utama, Qori andalan Kota Solok atas nama Nofriyon dinyatakan sebagai Qori Terbaik I.

Selain itu, Qori andalan Kota Solok lainnya cabang Tilawah Kanak-Kanak atas nama Muhammad Iqbal dan cabang Tafsir Quran Bahasa Indonesia, Mufassir atas nama Ariqul Jetson Marsa, masing-masing juga berhasil meraih Terbaik I. Para pemenang terbaik I di setiap cabang lomba akan diberikan hadiah sebesar Rp.40 juta untuk kategori perorangan. Sementara untuk kategori kelompok sebesar Rp.60 juta.

Hafidz Kota Solok atas nama Afdal Zikri berhasil menjadi terbaik II dari Cabang lomba Hifzhil Quran golongan lomba Tahfidz 5 Juz Non Tilawah Putra. Kemudian Terbaik III diraih oleh Sirajul Uhad dari cabang Qira’at Murattal Remaja, M. Harun Arrasyid pada cabang Tafsir Quran Bahasa Arab, Rusdianto pada cabang Bintang Qasidah Dewasa Putra dan  M. Raihan Qowima & Jihan Amirul Mukminin pada cabang Khutbah Jumat.

Selanjutnya untuk juara harapan I diraih mufassir atas nama Zahara cabang Tafsir Quran Bahasa Indonesia Putri, Wahid Husnul Khalik pada cabang Tartil Menengah Putra dan harapan II diraih oleh Qoriah atas nama Lathifah Az Zahra cabang Qira’at Murattal Remaja Putri serta untuk Harapan III diraih Rahmat Zhuhri pada cabang Hifzhil Quran golongan 10 Juz Putra dan Attahyatul S, Azizah PR dan Maharani AB dari cabang Shahril Quran Putri.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi sebelum menutup helat akbar dua tahunan tersebut mengucapkan selamat kepada pemuncak. “Selamat dan sukses kepada peserta yang telah jadi pemuncak pada ajang kali ini. Jangan cepat berpuas diri, teruslah berusaha untuk menjadi yang lebih baik ke depannya. Untuk yang belum berhasil, jangan bersedih. Tetap semangat. Semoga di iven selanjutnya bisa menjadi yang terbaik,” tuturnya..

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar ini juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota yang telah sukses menjadi tuan rumah dengan sangat baik mulai dari pembukaan, penyisihan hingga babak final.

“Apresiasi yang sangat tinggi kepada Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, serta Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, bersama jajaranya yang telah berhasil sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ini,” ungkapnya.

“MTQ melahirkan hal hal baik, sinergitas dan solidaritas. Selaku manusia kita luput dari kesalahan, jika ada salah dan kekurangan kami mohon maaf, semoga kita bisa bertemu kembali pada MTQ Nasional ke-40 Tahun 2023 dengan Kabupaten Solok Selatan sebagai tuan rumahnya,” sampai Wagub sembari menutup secara resmi helat akbar dua tahunan, MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Usai Penutupan MTQ tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy yang juga Ketua Umum LPTQ Sumatera Barat menyerahkan Bendera Pataka MTQ kepada Bupati Solok Selatan Khairunnas sebagai tanda menjadi Tuan Rumah MTQ ke-40 pada 2023 mendatang, yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran.

Acara penutupan MTQ juga dihadiri Anggota DPR RI Komisi IX dr. Suir Syam, M.Kes dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar, Dr. Helmi M.Ag. Hadir juga Bupati dan Wali Kota se-Sumatera Barat. (Shandi)

Tags: , ,