MUI Kota Solok, Sholat Jum’at diganti dengan Sholat Zhuhur

MUI Kota Solok, Sholat Jum’at diganti dengan Sholat Zhuhur

Solok, (InfoPublikSolok) – Melihat kondisi semakin berjangkitnya COVID-19 di Sumatera Barat, MUI Kota Solok gelar rapat tentang antisipasi Virus Corona, rapat in disepakati bahwa untuk sementara waktu shalat Jumat di Kota Solok ditiadakan di Masjid dan diganti dengan shalat Zhuhur di rumah masing masing mulai Jumat hari ini.

Rapat yang dilaksanakan di Aula Mesjid Agung Kota Solok, Jum’at (27/03/2020). Menindak lanjuti Maklumat MUI Sumbar dan sepakati bahwa untuk sementara waktu Maklumat dan Tausiyah bernomor 003/MUI-SB/III/2020 itu dikeluarkan Kamis (26/3/2020) dan ditandatangani Ketua Umum MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar dan Sekjen Zulfan.

Rapat yang dihadiri oleh Ketua Umum MUI Kota Solok H. Afrizal Thaib, M. PS dan didampingi oleh Sekretaris Umum MUI Kota Solok Dedi Jonedi, S. Ag, diputuskan bahwa:

  1. Meniadakan Shalat Jum’at untuk beberapa waktu sementara dan menggantinya dengan Shalat Zhuhur dirumah.
  2. Meniadakan Shalat berjama’ah di Masjid, Mushalla Surau untuk sementara waktu.
  3. Menunda melaksanakan kegiatan dakwah yang mengumpulkan masa secara fisik di Masjid,Mushalla,Surau dan tempat2 lainnya.
  4. Adzan tetap dikumandangkan setiap waktu di Masjid,Mushalla untuk mengumumkan masuknya waktu Shalat,dengan menambah kumandang صلوا فى بيوتكم
  5. Dihimbau kepada masyarakat untuk membiasakan membaca do’a qunut nazilah didalam shalat.
  6. Menghimbau masyarakat agar mematuhi himbauan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus korona

“Hasil rapat ini diputuskan, karena intinya umat Islam tidak boleh menyelenggarakan salat Jumat di kawasan yang mengancam jiwa, sampai keadaan menjadi normal kembali, dan wajib menggantinya dengan salat Zuhur di tempat masing-masing,” kata Afrizal.

Memperkuat Maklumat dan Tausiyah tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengeluarkan surat bernomor: 080/182/Umum-2020 tanggal 26 Maret 2020. Dimana Gubernur meminta Bupati dan Walikota agar berpedoman,mensosialisasikan,serta mengawasi pelaksanaan Maklumat dan Taushiyyah tersebut oleh masyarakat. (hd)

Tags: , , , , , , , ,