Murid SDN 08 Dapatkan Pelatihan Kebencanaan dari BPBD

Murid SDN 08 Dapatkan Pelatihan Kebencanaan dari BPBD

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok lakukan kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana ke SDN 08 VI Suku Kota Solok, pada Sabtu (23/02/2019) bertempat di halaman sekolah setempat.

Kedatangan beberapa anggota TRC (Tim Reaksi Cepat)  yang didampingi oleh Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Adel Wiratama, ST  disambut cukup antusias oleh seluruh siswa dan warga sekolah. Kegiatan ini dilakukan di dalam ruangan kelas dan halaman sekolah yang didampingi oleh kepala sekolah dan majelis guru sekolah.

Dalam kegiatan ini Adel Wiratama, ST  menjelaskan, “Pengertian tentang bencana gempa dan upaya – upaya yang dapat dilakukan siswa untuk melindungi diri, Kota Solok merupakan salah satu Kota yang dilewati jalur patahan Semangka, sehingga tidak menutup kemungkinan gempa bisa terjadi kapan saja. Tujuan utama kegiatan sosialisasi mitigasi bencana ini adalah agar siswa, guru dan pihak sekolah lainnya dapat mengetahui dan memahami apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana gempa, sehingga saat gempa terjadi tidak mengalami kepanikan. Tidak hanya kepada siswa, namun sosialisasi ini juga difokuskan untuk tenaga pendidik selaku penanggungjawab siswa selama berada di lingkungan sekolah, ” jelas Kasi RR ini.

Kepala Sekolah dan Guru-guru memberikan apresiasi kepada BPBD Kota Solok yang telah memberikan edukasi tentang sosialisasi mitigasi bencana untuk siswa, guru dan warga sekolah lainnya. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pelayanan dibidang kebencanaan, yaitu pelayanan pemberian informasi dibidang bencana, pelayanan pemberian sosialisasi edukasi terhadap masyarakat, dan pelayanan evakuasi terhadap masyarakat, terutama masyarakat rawan terdampak bencana. Melalui kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan kapasitas bagi warga sekolah terutama siswa-siswa dan guru agar pengurangan resiko bencana dapat ditingkatkan sehingga ketika menghadapi bencana semua pihak telah siap. (aw)

Tags: , , , ,