Musim Kemarau, Masyarakat di Himbau Waspadai Pohon Tumbang dan Kebakaran

Musim Kemarau, Masyarakat di Himbau Waspadai Pohon Tumbang dan Kebakaran

Solok, (InfoPublikSolok) – Selama sepekan terakhir terjadi dua kejadian di Kota Solok, yaitu pohon tumbang dan kebakaran lahan.Pasca angin kencang beberapa hari yang lalu mengakibatkan tumbangnya sebuah pohon di Kelurahan Tanah Garam Kota Solok tepatnya di daerah Payo pada Sabtu (10/8).

Laporan adanya pohon tumbang disampaikan oleh mahasiswa Unand yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah Payo. Menurut laporan yang diterima petugas pohon yang tumbang tersebut merupakan pohon jenis Bayur. Tumbangnya pohon Bayur ini akibat angin kencang yang terjadi siang hari, sehingga mengakibatkan tertutupnya akses jalan.

Tim TRC Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Solok yang bertugas dengan koordinator Adel Wiratama, langsung menuju lokasi kejadian dan melakukan tindakan dengan memotong bagian pohon serta membersihkan bagian jalan yang tertutup pohon sehingga akses jalan kembali lancar. Pembersihan jalan dari material pohon menggunakan mesin chainsaw serta masyarakat sekitar yang turut serta.

Kemudian juga sudah terjadi kebakaran dua lahan di Kota Solok minggu lalu yang bertempat di Kelurahan Laing tepatnya lahan didekat PT. Wings yang terjadi pada Jum’at (9/8) dan  di Kelurahan VI Suku Kota Solok yang terjadi pada Minggu (11/8). Lahan yang terbakar merupakan lahan milik warga dengan luas ± 1 hektar. Warga yang melihat adanya kebakaran lahan langsung melaporkan kejadian pada Kantor Satpol PP dan Damkar Kota Solok. Berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran Kota Solok, selang beberapa saat api dapat dipadamkan karena petugas langsung menuju TKP dengan membawa  dua unit armada pemadam kebakaran.

” Seperti yang telah diketahui bahwa Kota Solok sedang mengalami musim kemarau, untuk itu diminta kepada semua masyarakat terutama masyarakat Kota Solok agar selalu waspada. Bagi masyarakat yang merokok agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Kemudian bagi warga yang melakukan pembakaran sampah agar memperhatikan lingkungan disekitar,” ujar Adel.

Dalam hal ini mari kita sama-sama saling menjaga lingkungan agar resiko bencana dapat berkurang. Bagi masyarakat Kota Solok dihimbau jika melihat/ mengetahui suatu bencana agar segera menghubungi petiugas atau OPD terkait. (ma)

Tags: , , , ,

%d blogger menyukai ini: