Musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan Bahas 306 Usulan Kegiatan

Musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan Bahas 306 Usulan Kegiatan

Solok, (InfoPublikSolok) – Untuk mewujudkan visi dan misi serta arah pembangunan daerah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam proses pembangunan. Pembangunan yang melibatkan masyarakat tentunya diharapkan dapat mencapai sasaran yang diinginkan.

Salah satu wujud dari hal tersebut adalah melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tanjung Harapan untuk Tahun Anggaran 2019, berlangsung selama dua hari, 18 &19 Februari 2019 yang bertempat di Aula Kantor Camat setempat.

Pada hari pertama pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan, Senin (18/2) pagi, turut hadir Walikota Solok, Zul Elfian, Ketua DPRD yang diwakili oleh wakil ketua DPRD, Irman Yefri Adang, Kepala Bappeda Kota Solok, Jonedi, Perwakilan OPD, Lurah se-Kecamatan Tanjung Harapan, Fasilitator Kelurahan dan Kecamatan, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, PKK dan Pemuda.

“Dalam Musrenbang kali ini akan dibahas sebanyak 47 usulan kegiatan bidang ekonomi, 201 usulan kegiatan bidang prasarana dan sarana wilayah serta 58 usulan kegiatan bidang sosial budaya yang akan disaring dan diprioritaskan untuk di usulkan dalam Musrenbang tingkat kota nantinya,” ungkap Camat Tanjung Harapan, Zulkarnaini dalam laporannya pada saat pembukaan acara.

Lebih lanjut, Zulkarnaini juga melaporkan prestasi yang diperoleh Kelurahan Kampung Jawa yang telah berhasil meraih nominator terbaik Kelurahan Pangan Aman Tingkat pada tanggal 10 Februari 2019.  juga disampaikan keberhasilan tim sepakbola Kecamatan Tanjung Harapan wakil Kota Solok ke babak 16 besar pada ajang terbesar pertandingan sepakbola antar Kecamatan se-Kota/ Kabupaten Sumatera Barat yang dikenal Minangkabau Cup II 2019.

Selanjutnya, Walikota Solok Zul Elfian dalam sambutannya di hadapan peserta Musrenbang menyampaikan bahwa dalam menyusun perencanaan pembangunan Tahun 2019, perlu dimanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki  sehingga akan didapat hasil yang optimal.

“Kepada para peserta Musrenbang, pergunakanlah forum ini untuk menyinkronkan rencana pembangunan tahun 2019 menurut skala prioritas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dana yang tersedia. Selamat bekerja, semoga kegiatan kita ini mendapat Ridha dari Allah SWT,”  tutur Walikota dalam sambutannya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Irman Yefri Adang dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Musrembang ini dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bermusyawarah, mufakat dalam menyapaikan usulan-usulan perencaaan pembangunan kelurahan dengan memprioritaskan dalam pembangunan di wilayah Kecamatan Tanjung Harapan.

Pada Kesempatan ini, Wakil Ketua DPRD turut menyampaikan agenda pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sumbar di Kota Solok dengan anggran 10 M yang akan digelar pada bulan Juni Mendatang, “Saya himbau kepada seluruh masyarakat Kota Solok, mari kita sukseskan acara MTQ ini dan mari kita sukeskan visi kita bersama menjadikan Kota Solok sebagai Kota Serambi Madinah,” ajaknya. (el)

Tags: , , ,