Musrenbang Kelurahan Tanah Garam, Menjaring Usulan Prioritas

Musrenbang Kelurahan Tanah Garam, Menjaring Usulan Prioritas

Solok, (InfoPublikSolok) – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, Kelurahan Tanah Garam melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Aula Kantor Lurah Tanah Garam, pada Rabu (03/02/2021). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Bappeda Kota Solok, Hendrizal yang turut dihadiri oleh Anggota DPRD Dapil Lubuk Sikarah, Rusdi Saleh (PAN), Wazadli(PBB), Taufiq Nizam(PKS), Rusnaldi (HANURA) dan beberapa instansi terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Koperindag, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Dinas kesehatan  dan Bapak Camat Lubuk Sikarah. Acara ini juga dihadiri oleh PKK dan Bundo kanduang,  LPMK Kelurahan Tanah Garam, Babinsa Kelurahan Tanah Garam, Babinkhatibmas Kelurahan Tanah garam,  Ketua RT/RW Kelurahan Tanah Garam serta Pemuka masyarakat Kelurahan Tanah Garam.

Lurah Tanah dalam musrenbang mengajak semua pihak membangun Kelurahan Tanah garam supaya menjadi lebih baik. Lebih lanjut Novri Aprilizen selaku Camat Lubuk Sikarah menyampaikan musrenbang adalah proses mengusulkan kebutuhan atau planning untuk kedepannya.

“Usulan-usulan ini pada saat ini lebih banyak mengarah pada masalah ekonomi karena semenjak pandemi Covid-19 ini sektor ekonomi ini sangat terdampak walaupun telah dibantu dari sosial ataupun pusat tapi yang dibutuhkan adalah roda ekonomi agar bergerak seperti normal kembali,” sampai Novri

Rusnaldi anggota DPRD Kota Solok memaparkan Musrenbang merupakan bagian dari rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) untuk kelurahan, yang berfungsi untuk menampung aspirasi dari masyarakat kelurahan.

“Musrenbang kali ini sebaiknya berfokus pada peningkatan ekonomi masyarakat, yang sedang sulit karena adanya pandemic covid-19 dan bencana banjir yang terjadi awal januari kemarin,” Sebut Rusnaldi.

Sekretaris Bappeda Kota Solok, Hendrizal menyampaikan acara musrenbang adalah wadah dan proses musyawarah tentang pembangunan di Kelurahan Tanah Garam, yang dilaksanakan untuk mendapatkan suatu kesepakatan diantara masyarakat.

“Untuk Kelurahan Tanah Garam  sudah masuk sebanyak 143 usulan diantaranya bidang prasarana dan wilayah sebanyak 88 usulan, bidang sosial budaya sebanyak 25 usulan serta bidang ekonomi sebanyak 30 usulan. Pada pandemi saat ini tentunya usulan ini lebih terfokus  kepada bidang ekonomi karena untuk saat ini sektor ekonomi sangat terpukul sekali karena pandemic covid-19,” papar Hendrizal

Lebih lanjut Hendrizal menjelaskan bahwa tidak semua yang masuk dapat diakomodir karena anggaran yang sangat terbatas dan kita harus memilih yang mana harus dipilih prioritas yang sangat perlu dilaksanakan. (rh)

Tags: , , , , , , , ,