Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

1 Maret 2024

Naskah Bersejarah Surau Latiah Syekh Sialahan Kota Solok

Naskah Bersejarah Surau Latiah Syekh Sialahan Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Solok melakukan penelusuran Naskah Bersejarah (Naskah Kuno) ke Surau Latiah yang  terletak di Kelurahan KTK Kecamatan Lubuk Sikarah  Kota Solok, Jum’at (27/4/2018)

Tim kunjungan berjumlah 5 orang  yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Hj. Mursiati, MM dengan anggota Dra. Weni Oktiarni, MM Kabid Pengelolaan Pengelolaan Perpustakaan Kegemaran Membaca, Dra. Pidriati Kasi Pengembangan, Pengolahan dan Konservasi Koleksi dan 2 orang staf Khairul, S.IP dan Yosi Wulandari.

Dra. Hj. Mursiati, MM mengatakan penelusuran naskah kuno ini termasuk urusan wajib Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, maka seluruh naskah dinas yang ada di Kota Solok akan di dilakukan penelusuran dengan tujuan agar naskah bersejarah yang ada di Kota Solok ini dapat dilestarikan.

“Penelusuran ke Surau Latiah ini dilaksanakan setelah mendapat informasi dari masyarakat setempat bahwa Surau Latiah memiliki naskah bersejarah peninggalan Syekh Sialahan”, ungkap Kadis.

Keturunan Syekh Sialahan, selaku pengelola Surau yang akrab dipangil Pak Nas menjelaskan kepada Tim bahwa “Surau Latiah ini merupakan sebuah Surau tua bersejarah yang dibangun oleh Syekh Sialahan yang merupakan salah satu ulama besar yang menyebarkan agama Islam di daerah Solok yang dibangun pada tahun 1902 M”, jelasnya.

Kabid Pengelolaan Pengelolaan Perpustakaan Kegemaran Membaca mengatakan, kedatangan tim mendapat sambutan positif dari pengelola surau latiah sehingga pengelola surau latiah langsung memperlihatkan dan naskah bersejarah yang dimilikinya dan juga menyerahkan kepada tim.

Dra. Weni Oktiarni, MM juga mengatakan naskah bersejarah yang diserahkan oleh pengelola Surau Latiah ini adalah naskah kuno berbahasa Arab Gundul yang merupakan peninggalan Syekh Sialahan, dengan kondisi sudah bercerai-berai dan dibungkus dengan kertas koran. Naskah tersebut akan disusun dan dijilid ulang, ungkap Weni. (kd)

Tags: , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.