Obor Pangan Lestari, Meningkatkan Produksi Tanaman Sayuran di Lingkungan Kantor

Obor Pangan Lestari, Meningkatkan Produksi Tanaman Sayuran di Lingkungan Kantor

Solok, (InfoPublikSolok) – Tanaman hidroponik merupakan tanaman yang media tanamnya bukan berupa tanah. Teknik menanam yang satu ini menggunakan media tanam air, tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan banyak air, tidak perlu melakukan penyiraman seperti tanaman yang ditanam pada media tanah.

Teknik penanaman hidroponik merupakan teknik bercocok tanam yang ramah lingkungan. Sayuran yang ditanam dengan hidroponik lebih sehat serta aman dikonsumsi. Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan tanaman hidroponik.

Namun metode penanaman tanaman yang satu ini sudah banyak diaplikasikan. Perkembangan metode penanaman tanaman hidroponik memang tidak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Karena, masyarakat masih ragu untuk menerapkannya karena khawatir mengenai kuantitas hasil panennya.

Sebenarnya hasil panen dari teknik menanam hidroponik memiliki kualitas dan kuantitas yang baik. Teknik menanam hidroponik tidak dapat diterapkan untuk semua jenis tanaman. Hanya beberapa saja yang cocok dan mampu tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan. Teknik menanam hidroponik sendiri sangat cocok diterapkan bagi yang memiliki lahan terbatas.

Dinas Pangan Kota Solok melaksanakan panen sayuran hidroponik di pekarangan kantor, Obor Pangan Lestari, Kamis (19/5). Dalam arahan Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ir. Kusnadi, MM menyampaikan bahwa masyarakat di lingkungan Pemerintah Kota Solok sangat antusias ingin membeli sayuran hidroponik yang diproduksi oleh Dinas Pangan, untuk itu demi meningkatkan kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran, Dinas Pangan Kota Solok akan tetap meningkatkan dalam memproduksi tanaman sayuran.

Jenis tanaman sayuran hidroponik yang panen hari ini yaitu sayur pakcoy dengan jumlah 6,5 Kg. Hasil panen dikemas rapi menggunakan plastik sayuran dan memakai label produksi. Sayur hasil panen tersebut dipasarkan ke instansi lingkup Balai Kota Solok dengan harga jual seharga Rp5.000/bungkus, dengan berat sayur satu bungkusnya yaitu 250 Gram.

Setelah lebaran Idul Fitri, karyawan Dinas Pangan Kota Solok melaksanakan gotong royong pada pekarangan kantor, Kepala Dinas Pangan ingin meningkatkan produksi tanaman sayuran di lingkungan kantor. Jenis tanaman sayuran yang akan ditanam yaitu Pakcoy, Kangkung, Selada, Caesin, Daun Bawang, Cabe Rawit, Cabe Merah dan Tomat.

Semoga hal ini dapat mendorong para pegawai di lingkup Balaikota Solok dan masyarakat sekitar untuk turut serta dalam menanam tanaman pangan di pekarangan rumah, sehingga tujuan program ini dapat tercapai dalam mengkonsumsi sayuran yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). (fas)

Tags: ,