Optimalkan Pemasaran, Pelaku Usaha Pariwisata Ikuti Pelatihan Digitalisasi Branding

Optimalkan Pemasaran, Pelaku Usaha Pariwisata Ikuti Pelatihan Digitalisasi Branding

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pariwisata Kota Solok melaksanakan pembukaan kegiatan Pelatihan Digitalisasi Branding, Pemasaran dan Penjualan bersama pengelola desa wisata dan pengusaha souvenir, kuliner dan fotografi di aula Hotel Taufina, Senin (8/8/2022).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola desa wisata dan destinasi wisata agar dapat memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi dalam pemasaran pariwisata yang ada di Kota Solok.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra juga dihadiri oleh Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang dan Kepala OPD terkait.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvy Basri dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ke depan dengan peserta yang berjumlah 40 orang ini akan mendapatkan materi baik secara teori dan praktik.

“Harapan kami pelatihan ini akan memperkuat promosi melalui media digital secara mandiri, mampu memproduksi konten-konten yang kreatif dan menarik,” harap Elvy.

Narasumber pelatihan ini juga berasal dari berbagai kalangan baik dari akademisi, pelaku usaha ekonomi kreatif dan digital marketing spesialis.

 

M. fadhli atau yang lebih dikenal dengan Ajo Wayoik sebagai salah satu narasumber pelatihan menyampaikan bahwa branding suatu usaha atau produk harus tetap mempertahankan lokalitas sehingga memiliki nilai lebih lagi.

Sementara itu, Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra menyampaikan apresiasi luar biasa untuk kegiatan pelatihan ini karena sesuai dengan perkembangan digital saat ini.

“Tempat usaha adalah hal yang perlu konstan ada, tetapi saat ini media sosial dapat menjadi tempat baru untuk menjual produk yang kita miliki. Melalui pelatihan ini bisa membuka peluang usaha baru bagi usaha ekonomi kreatif kita,” harap Wawako.

Melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengetahui dan memahami pengetahuan dasar kepariwisataan serta pemasaran digital, tahapan pengembangan pemasaran digital, pentingnya fotografi dan bahasa yang efektif dalam pemasaran digital serta dapat membuat konten promosi yang menarik.

Pemasaran serta branding harus dioptimalkan secara digital. Pemasaran dan Branding digital ini memerlukan skill, strategi dan perencanaan yang baik dan matang supaya promosi dapat berjalan efektif dan efisien. (sn)

Tags: ,