ORARI Solok Gelar Pelatihan dan Simulasi CORE

ORARI Solok Gelar Pelatihan dan Simulasi CORE

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan para tim resque dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana di wilayah Solok dan sekitarnya, Organisasi Radio Amatir Radio Indonesia (ORARI) lokal Solok melaksanakan pelatihan Communications and Rescue (CORE) penanganan bencana terhadap 80 orang peserta yang terdiri dari unsur ORARI, Pramuka Peduli, PMI Kota Solok, WMI, BPBD, Komunitas Motor Trail, SKIN, dan Perwakilan dari masing – masing Kelurahan, yang bertempat di Halaman Kantor Balaikota Solok, Minggu (28/11).

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok, Yon Hasdian. SH,Ketua ORARI Lokal Solok, Nasril In Dt.Malintang Sutan.SH, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Solok, Fera Zuana serta Kasubid Kebencanaan BPBD Provinsi Sumatera Barat sekaligus pemateri dalam acara pelatihan, Ilham Wahab S.Sos, M.Si dan Anggota CORE ORARI lokal Solok, Firman.

Ketua ORARI lokal Solok, Nasril In,Dt. Malintang Sutan.SH menyampaikan bahwa pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para tim rescue dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana di Solok, terlebih Solok merupakan salah satu kawasan yang kerap terkena bencana alam.

” Semoga melalui acara ini kedepannya menjadi pedoman atau SOP kebencanaan bagi Pemerintah Daerah, sehingga kita betul – betul memahami peran dan fungsi Core dalam dalam sebuah manajemen kebencanaan sehingga dapat memperkuat hubungan kerja dan koordinasi ORARI dengan Pemerintah dan menjadikan ORARI sebagai mitra strategis Pemerintah dalam manajemen penanggulangan bencana,” ungkap Nasril In.

Kepala Bidang IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Dinas Kominfo Kota Solok, Yon Hasdian, “Kami sangat mendukung serta mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ORARI lokal Solok, yang telah mengangkat kegiatan pelatihan core ini, diharapkan kedepannya para pemakai frekwensi spektrum bisa memanfaatkan untuk kegiatan bencana atau kemanusiaan lainnya, di karenakan di Indonesia pada umumnya, dan wilayah kota Solok ataupun kabupaten Solok sangat rawan bencana, sehingga kegiatan ini bermanfaat kedepannya,” ujar Yon hasdian. (wh)

Tags: , , , ,