Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

Pagelaran Rang Solok Baralek Gadang 2023 Resmi Berakhir

Pagelaran Rang Solok Baralek Gadang 2023 Resmi Berakhir

Solok, (Info Publik Solok) – Gelaran Kharisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang yang dimulai sejak 16 September 2023 di hamparan Sawah Solok resmi berakhir. Penutupan dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi.

Turut hadir, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Ketua TP PKK Sumbar, Ny.Harnelli Mahyeldi, Anggota DPRD Sumbar, Irzal Ilyas dan Daswippetra Dt. Mjj. Alam, Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Solok, Sekda Kota Solok, Syaiful A, Anggota DPRD Kota Solok, Ketua TP PKK Kota Solok, Ketua GOW Kota Solok, Ketua DWP Kota Solok, Asisten Sekda, Staf Ahli Wako, Seluruh Kepala OPD lingkup Pemko Solok, Niniak Mamak, Bundo Kanduang serta masyarakat yang hadir di lokasi.

Prosesi penutupan diawali dengan Bakaua Tulak Bala Padi Tabik yang diikuti sebanyak 1.900 peserta dari empat penjuru.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf dan Pemko Solok yang telah menggelar kegiatan ini.

Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu dari empat kalender KEN yang ada di Sumbar. “Kota Solok identik dengan Sawah Solok. Satu-satunya Kharisma Event Nusantara di Indonesia yang diadakan di tengah sawah hanya di Kota Solok. KEN ini memang menonjolkan identitas dari daerah masing-masing,” ujar Wagub.

Ia menjelaskan, event ini menggerakkan perekonomian secara langsung. Untuk itu, harus kita dorong bersama-sama apalagi saat ini bersamaan dengan agenda Visit Sumatera Barat 2023.

“Kita memberikan apresiasi kepada Wako dan Wawako karena ekonomi bertumbuh dan kota kita semakin dikenal daerah lain. Ini berkat Wako dan Wawakonya selalu kompak, jika kepala daerah kompak akan banyak program yang bisa dibawa ke Kota Solok,” jelasnya.

Saat ini, Kota Solok merupakan daerah tertinggi universal health coverage di Provinsi Sumatera Barat. Pertumbuhan ekonomi baik, angka kemiskinan dan stunting juga terendah

Ke depan, Pemprov Sumbar juga menyediakan dana untuk mengembangkan pariwisata di daerah. Untuk itu, Kepala Dinas Pariwisata harus aktif menjemput bola. “Selamat karena telah menggelar RSBG secara sukses, semoga ke depan makin sukses lagi dan kita dipertemukan pada RSBG 2024,” harap Wagub.

Sementara itu, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengatakan, berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan dukungan kita bersama, event Rang Solok Baralek Gadang berjalan dengan baik dari awal sampai akhir.

“Kebersamaan dan dukungan inilah yang menjadi kekuatan kita. Pemerintah Kota Solok tidak akan dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dari seluruh pihak. Kedepan kita semua akan saling mendukung tidak hanya dalam event ini saja namun terkait pembangunan dan kemasyarakatan,” ungkap Wako.

Wako juga mengajak seluruh pihak mewujudkan Kota Solok Berjuara (Berkah, Maju dan Sejahtera). Sedikit demi sedikit dan secara berangsur Kota Solok telah berlari mengejar ketertinggalan dari daerah lain. “Rumah Sakit Umum Daerah di Banda Panduang dan Stadion Marah Adin sedang kita kebut dan Insya Allah akan diresmikan tahun 2024,”

” Semoga tahun depan RSBG kembali dipercaya masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Kita akan melakukan evaluasi dan menyiapkan yang terbaik dimasa mendatang,” harap Walikota.

Ucapan terimakasih juga kepada para pemilik sawah yang telah bersedia menyediakan tempat. Event RSBG tidak bisa dipindahkan ke tempat lain karena Sawah Solok merupakan ikon Kota Solok.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Asisten II Sekda Kota Solok, Jefrizal melaporkan selama tiga hari dari tanggal 16 sampai 18 September 2023 kegiatan Rang Solok Baralek Gadang berjalan lancar dengan antusiasme pengunjung yang sangat tinggi.

Kegiatan yang dipadukan dengan event bazar untuk UMKM dan pelaku ekonomi kreatif dari Kota Solok dan daerah tetangga serta pedagang kaki lima yang telah ditata sedemikian rupa.

“Alhamdulillah RSBG selalu ramai dikunjungi masyarakat, diperkirakan sebanyak 18 ribu pengunjung setiap harinya dengan transaksi ekonomi 1 miliar rupiah setiap hari. Diperkirakan transaksi sebesar 5 milyar telah terjadi selama Rang Solok Baralek Gadang,” sampainya.

Untuk itu, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama menyukseskan event Rang Solok Baralek Gadang. Terima kasih saran dan kritikan yang akan menjadi bahan evaluasi untuk event-event yang akan diadakan berikutnya. (dd)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.