Pahami Tata Cara Ibadah Haji, Kemenag Kota Solok Gelar Manasik Massal

Pahami Tata Cara Ibadah Haji, Kemenag Kota Solok Gelar Manasik Massal

Solok, (InfoPublikSolok) – Kantor Kementerian Agama Kota Solok melalui Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar Manasik Haji Massal I  Musim Haji 1441 H/2020 M bertempat di Aula Abu Bakar Siddiq Kota Solok, Selasa  (19/11/2019).

Kasi Penyelenggara Jemaah Haji dan Umrah, Rabamis mengatakan kegiatan bimbingan manasik haji ini merupakan kegiatan manasik pertama  untuk musim haji tahun 2020,  dasar dari pelaksanaan manasik Haji yaitu undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 yang bertujuan agar Calon Jamaah Haji memahami dan mengerti tentang tata cara pelaksanaan Ibadah Haji ketika berada di Tanah Suci Mekkah sehingga dalam pelaksanaanya dapat sesuai dengan ketentuan ajaran Agama, ungkapnya.

Rabamis, mengatakan sesuai  estimasi  pada musim tahun 2010  Jemaah Calon Haji (JCH) berjumlah 110 orang, dengan perincian dari Kecamatan Lubuk Sikarah  44 Orang dan dari Kecamatan Tanjung Harapan berjumlah 66 orang, belum termasuk JCH yang tergolong pada cadangan, pengabungan dan mutasi dari daerah lain, tambahnya.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok  H. Alizar menyampaikan kepada seluruh jamaah calon Haji agar memperbaiki terus niatnya agar semata-mata karena Allah Subhanahu Wata’ala. JCH  yang  berangkat pada Musim Haji tahun 2020 haruslah memiliki rasa syukur yang besar dan berupayalah untuk memahami  setiap rangkaian manasik haji karena banyaknya yang berkeinginan untuk berangkat melaksanakan ibadah haji disebabkan waiting list yang lama, ungkapnya.

Kepada pada para jamaah haji, Alizar berpesan  untuk mempersiapkan mental dan memperhatikan kondisi kesehatan fisik agar dalam melaksanakan ibadah nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala apapun.

“Saat ini mulailah persiapkan diri untuk mengikuti bimbingan manasik haji  dengan baik hingga selesai, serta siapkan fisik dan mental dalam menghadapi perjalanan untuk tetap menjaga kesehatan, olahraga yag cukup dan tetap menjaga pola makan yang teratur dengan menu bergizi, “ungkap Alizar. (hd)

Tags: , , , ,