Pameran Virtual Foto dan Grafis Indonesia

Pameran Virtual Foto dan Grafis Indonesia

Solok, (InfoPublikSolok) – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerjasama dengan Kantor Berita ANTARA mengadakan Pameran Foto dan Grafis Indonesia Bergerak 1900-1942 sekaligus peluncuran Buku Kilas Balik 2019 + Covid-19. Pameran ini digelar di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta. Pameran ini juga diselenggarakan secara virtual melalui Youtube.

Acara tersebut diikuti oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok Wadirman, beserta jajaran, secara daring yang bertempat di studio mini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Senin (7/9/2020).

Pameran ini dibuka oleh Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang ditandai dengan penandatanganan poster Pameran Foto dan Grafis Indonesia Bergerak 1900-1942. Dalam sambutannya Moeldoko menyampaikan “Pengumpulan arsip untuk kegiatan ini sesuatu yang tidak mudah, tapi apa yang dilakukan ini memberikan semangat baru”.

Multi Siswati Plt. Deputi Bidang Konservasi ANRI yang mewakili Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), menyampaikan bahwa “Pameran yang digagas oleh Galeri Foto Jurnalistik dan Redaksi Foto Kantor Berita ANTARA yang bekerjasama dengan ANRI, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,  dan KITLV Jakarta  saat ini merupakan langkah yang patut diberikan apresiasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Multi menambahkan, melalui pameran kerjasama ini akan  semakin memperkaya khazanah arsip era 1900 – 1942  yang disajikan kepada masyarakat secara virtual. “ANRI menyambut baik pameran ini dan turut berperan serta memberikan khazanah yang dimiliki di antaranya foto tokoh dan peristiwa  era pergerakan.  Beberapa khazanah ANRI pernah pula ditampilkan pada pameran Youth Indonesia Movement kerja sama ANRI dengan National Archives of The Netherlands,” ujar Multi.

Pameran Foto dan Grafis Indonesia Bergerak 1900-1942 juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika sekaligus Ketua Pengawas LKBN Antara Widodo Muktiyo, Sejarawan Universitas Indonesia Bondan Kanumuyoso.

Sementara itu, para undangan yang mengikuti secara virtual  di antaranya Plt. Kepala ANRI yang diwakili oleh Plt. Deputi Bidang Konservasi ANRI Multi Siswati, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, Direktur KITLV Jakarta dan Perwakilan Tetap Universitas Leiden, Marrick Bellen.

Pameran Foto dan Grafis Indonesia Bergerak 1900-1942 ini dilaksanakan dalam rangka peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI yang digelar mulai dari tanggal 7 September hingga 7 Oktober 2020 (jij).

Tags: , , , , , , ,