Pandemi Corona, Disdukcapil Kota Solok Hentikan Sementara Pelayanan Tatap Muka

Pandemi Corona, Disdukcapil Kota Solok Hentikan Sementara Pelayanan Tatap Muka

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok untuk sementara waktu menghentikan pelayanan tatap muka pembuatan dokumen kependudukan, Selasa (24/03). Kebijakan ini dilakukan untuk mendukung pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk menerapkan social distancing atau mengarantinakan diri sendiri dengan tetap berada di rumah selama kurang lebih dari 14 hari dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan virus corona (covid-19) yang semakin merajalela dengan korban yang terus bertambah hingga saat ini.

Kabid Pelayanan Administrasi Kependudukan, Anggia Firmaya Sari mengatakan penutupan layanan langsung ini merupakan upaya untuk memutus mata rantai transmisi dari penularan virus corona yang menyebar dengan mudah dan tanpa kita sadari. “Kran air beserta sabun pencuci tangan telah disediakan yang di depan kantor dan juga stiker selang-seling ditempelkan di setiap kursi tunggu untuk memberi jarak pada masyarakat yang mengantri, begitu pun jarak petugas pelayanan dengan masyarakat.” tuturnya.

Namun penutupan pelayanan ini bukan berarti akan benar-benar dihentikan dan Disdukcapil Kota Solok masih membuka pelayanan secara online untuk pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dalam mengatasi kondisi seperti sekarang. “Layanan online dapat kita lakukan melalui halaman website disdukcapil.solokkota.go.id atau e-mail disdukcapilkotasolok@gmail.com.

Pada halaman website tersebut telah disediakan formulir isian sebagai salah satu persyaratan dalam pengurusan dokumen. Setelah persyaratan dilengkapi, kirimkan melalui pos dengan melampirkan alamat kantor Disdukcapil Kota Solok, Jl. Lubuk Sikarah No. 89 Gedung G Balai Kota Solok, dan menyertakan perangko balasan. Apabila ada keraguan atau bagi masyarakat yang kurang mengerti dengan pengurusan dokumen kependudukan secara online, bisa menghubungi petugas layanan langsung ke nomor whatsapp +62 813 6728 3322. (am)

Tags: , , , , , , , , , , ,