Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

22 Februari 2024

Panitia Pemungutan Suara IX Korong Adakan Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP

Panitia Pemungutan Suara IX Korong Adakan Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP

Solok, (InfoPublikSolok) – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan IX Korong mengadakan Rapat Pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktakhiran (DPHP) Pemilu 2024 dengan mengundang petugas pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), di aula Kantor Lurah IX Korong, Jumat (31/3).

Ketua PPS Kelurahan IX Korong, Afrida Leli yang beranggotakan Meri Trisia, SH dan Desta Yogi Yolanda dalam rapat pleno terbuka itu menetapkan 6 TPS di Pemilu 2024 setelah dilakukan proses tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan sebanyak 1415 pemilih aktif, 35 pemilih baru, 28 pemilih yang tidak memenuhi syarat, 69 pemilih data perbaikan dan 47 pemilih non KTP-el.

Ia mengatakan, penyusunan DPS mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 tahun 2022 dengan cara PPS menyusun daftar nama pemilih hasil pemutakhiran data berdasarkan Coklit Pantarlih.

“Dalam daftar pemilih hasil pemutakhiran disusun menurut susunan pemilih. Pertama, mulai dari pemilih baru, pemilih potensial atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), pemilih tidak memenuhi syarat, serta perbaikan data pemilih,” ungkapnya.

Selanjutnya disampaikan ketua bahwa daftar nama pemilih Pemilu 2024 hasil pemutahiran data disusun secara TPS dengan memakai formulir model A-daftar perubahan pemilih. Ketentuan form ini terdapat pada lampiran XI PKPU Nomor 7 Tahun 2022.

“Setelah penetapan DPS maka PPS akan menyampaikan daftar nama pemilih hasil pemutakhiran data dalam wujud salinan digital ke KPU tingkat kecamatan melalui PPK,” paparnya

Dan hasil pleno di tingkat PPK ini untuk dipergunakan bahan penyusunan DPS di tingkat kota,” jelasnya.

Ketua PPS meminta pada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyusunan daftar pemilih, sehingga data pemilih sesuai realitas di masyarakat, yakni yang tidak memenuhi syarat sudah tidak ada di daftar, sedangkan yang memenuhi syarat masuk di daftar.

Rapat juga dihadiri oleh Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Solok Jonnedi, SE, MM, Lurah IX Korong, Lega Junaidi Judan, S.Sos, serta perwakilan dari beberapa partai politik yang ada di Kota Solok. (mn)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.