Parpol Serahkan Perbaikan Dokumen Bakal Caleg ke KPU

Parpol Serahkan Perbaikan Dokumen Bakal Caleg ke KPU

Solok, (InfoPublikSolok) – Lima belas Partai Politik di Kota Solok menyampaikan hasil perbaikan dari penelitian kelengkapan dan keabsahan dokumen syarat pencalonan dan pengajuan bakal calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kota Solok Pemilu 2019 yang Belum Memenuhi Syarat (BMS). Sesuai dengan tahapan dan Jadwal perbaikan, dimulai dari tanggal 22-31 Juli 2018 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok.

Partai Golkar merupakan partai pertama yang menyerahkan hasil perbaikan dokumen syarat calon ke KPU Kota Solok pada Sabtu, (28/7). Kemudian pada hari terakhir perbaikan, Selasa, (31/7), 14 (empat belas) partai politik menyampaikan hasil perbaikan terhadap dokumen syarat pencalonan dan syarat calon yaitu Partai NasDem, PBB, PKP Indonesia, PPP, PDI Perjuangan, Gerindra, Garuda, PAN, Hanura, PKS, Demokrat, PKB, Berkarya, dan PSI.

Sebelumnya KPU Kota Solok menghimbau Partai Politik (Parpol) untuk melakukan proses perbaikan pada awal masa perbaikan, namum pada kenyataannya Parpol tetap melakukannnya di hari teakhir, sama halnya dengan masa pendaftaran.

Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil H menyampaikan bahwa perbaikan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan/atau dokumen syarat bakal calon Partai Politik hanya melengkapi terhadap dokumen yang dinyatakan belum lengkap dan belum memenuhi syarat berdasarkan hasil verifikasi.

“Parpol diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan satu kali pada masa waktu perbaikan sekaligus mengunggah dokumen perbaikan tersebut ke dalam aplikasi SiLon (Sistem Aplikasi Pencalonan)” ujar Asraf.

Bagi Partai Politik yang yang melakukan perbaikan dengan dokumen yang dinyatakan lengkap dapat diproses dengan cepat, tapi partai politik yang berkas perbaikannya belum lengkap masih diberi kesempatan untuk melengkapi sampai batas akhir perbaikan pukul 24.00 WIB. Selasa. (31/7).

“Kita berharap semua Calon yang dicalonkan oleh Parpol bisa mengikuti kontestasi demokrasi pada Pemilu tahun 2019 nantinya” imbuh Asraf.

Selanjutnya KPU Kota Solok akan melakukan verifikasi terhadap dokumen persyaratan bakal calon hasil perbaikan selama 7 (tujuh) hari, dimulai dari tanggal 1-7 Agustus 2018. Pada tahap ini KPU akan mencoret nama Bakal Calon yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), dan dituangkan ke dalam Berita Acara Hasil Penelitian Perbaikan. (ys)

Tags: , , , , , ,