Pasar Pabukoan di Jalan Cengkeh Ramai Pembeli

Pasar Pabukoan di Jalan Cengkeh Ramai Pembeli

Solok, (InfoPublikSolok) – Marhaban ya Ramadan, Menyambut Ramadan 1440 H. Pemerintah Kota Solok melalui Bidang Pasar kembali memfasilitasi pedagang pabukoan dengan menyediakan lokasi Pasar Pabukoan di jalan Cengkeh.

Pasar pabukoan merupakan salah satu ciri khas memasuki bulan Ramadhan yang digelar di tempat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa dan makanan untuk sahur juga tentunya.

Pada hari pertama puasa, Senin (6/5) terlihat antusias masyarakat mengunjungi pasar pabukoan, bukan hanya dari kalangan orang tua saja tapi para anak muda juga ramai datang ke Pasar Pabukoan untuk membeli menu berbuka puasa.

Pada tahun ini Pasar Pabukoan berada di Jalan Cengkeh tepatnya di samping kantor PT. Telkom. Di pasar pabukoan ini para pedagang menjajakan berbagai jenis dan macam menu makanan mulai dari gorengan yang beraneka rasa dan bentuk, berbagai jenis kolak, minuman dingin, kue jajanan pasar dan sambal masak yang siap disantap sebagai menu berbuka dan sahur, harganya pun bervariasi mulai dari Rp. 2000 sampai Rp. 25.000 per potongnya.

“Kami menyediakan berbagai jenis sambal mulai dari aneka olahan ikan, ayam dan daging. Lebih kurang 35 macam sambal siap saji untuk memanjakan selera pengunjung pasar pabukoan,” kata salah satu pedagang sambal pabukoan, Dhea NN Catering yang setiap tahunnya selalu hadir berpartisipasi menjajakan sambal siap sajinya.

Jumlah pedagang tahun ini terlihat lebih ramai dari tahun sebelumnya, “Bisa jadi disebabkan tempat yang luas dan strategis di tengah kota Solok dan juga berada di persimpangan jalan raya,” kata Arif, pedagang kolak di Pasar Pabukoan yang tengah sibuk mengambil pesanan konsumen yang tidak sabar menunggu bedug magrib.

Pasar Pabukoan ini buka dari pukul 15.00 wib hingga 20.00 wib, biasanya para pembeli akan bertambah banyak ketika satu minggu menjelang lebaran dikarenakan banyak warga yang pulang ke kampung dari perantauan dan ingin menyicipi rasa masakan kampung halaman dan memanjakan seleranya.

Dengan adanya pasar pabukoan ini semoga menjadi alternatif bagi pecinta kuliner Minang dan tentunya menambah rejeki bagi setiap pedagang di bulan yang penuh berkah ini. (da)

Tags: , , ,